Breaking News




JAKARTA, beritaekspos.com -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang segera mendapatkan hibah dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, berupa koleksi Benda berharga asal Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) untuk Rumah Galeri Karawang dibangun untuk memamerkan BMKT, benda seni, dan budaya lainnya.

Hal tersebut diketahui setelah Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh SE bersama rombongan Kepala Dinas mengunjungi Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta, Senin 15 Maret 2021. 

Dalam kunjungan itu, Pemkab Karawang rapat dengan Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Dr. Tb Haeru Rahayu A.Pi., M.Sc., di ruang rapat Dirjen PRL, Lt. Gedung Minabahari III. 

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Aep menyampaikan ‎bahwa Pemerintah Kabupaten Karawang berkomitmen melakukan persiapan untuk memanfaatkan rumah dinas Bupati yang dialihfungsikan menjadi Galeri BMKT.

Galeri BMKT sudah memiliki fasilitas diantaranya desain interior, etalase, ruang meeting, ruang audio dan pangung pentas serta telah disiapkan untuk ruang bagi pelaku usaha UMKM. 

Pengelolaan galeri BMKT sudah dipersiapkan pengelolanya. Sehingga proses hibah BMKT untuk Kabupaten Karwang bisa dilaksanakan secepatnya. ‎

"Mengingat gedung galeri BMKT sudah selesai dibangun beserta kelengkapannya," ujar Wabup Aep. ‎
Selain membahas Galeri BMKT Karawang, Wabup juga menyampaikan persipan desa wisata bahari (Dewi Bahari) salah satunya di Dusun Tangkolak Desa Sukakerta, Kecamatan Cilamaya Wetan. Namun, proses pelaksanaan pembangunan dewi bahari terhenti pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19. 

H. Aep berujar, komitmen mengembangkan wisata bahari dilakukan Pemkab Karawang. Diantaranya melakukan pelebaran jalan menuju lokasi wisata, membangun gazebo, membangun sarana MCK, membangun jalan lingkungan, dan beberapa infrastruktur lainnya. 

Sementara, Dirjen Pengelolaan Ruang Laut, Dr. Tb Haeru Rahayu mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung untuk memberikan hibah BMKT kepada Pemerintah Kabupaten Karawang. Sementara, untuk proses hibahnya menunggu persetujuan Menteri KKP terlebih dahulu. 

Haeru mendukung keinginan Pemkab Karawang yang menginginkan BMKT ditampilkan di Galeri Seni yang sebelumnya merupakan Rumah Dinas Bupati Karawang. Yang perlu digarisbawahi adalah strategi pengelolaan rumah galeri dan pengelolanya untuk memastikan keberlanjutannya. 

"Status barang juga tidak ada masalah untuk dihibahkan. Tinggal kita menunggu keputusan Bapak Menteri," katanya. 

(red)

|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||