Breaking News

Pemerintah Desa Bagendit Menetapkan 64 KPM Penerima BLT DD Desa Ta 2023







GARUT, beritaekspos.com - 
Pemerintah Desa Bagendit gelar Musawarah Desa khusus (Musdesus) penetapan jumlah penerima BLT DD Desa Tahun Anggaran 2023, Bertempat di Aula Desa Bagendit Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Kamis, 02 Pebruari 2023.

Dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh Camat Banyuresmi Dra Hj Eti Nurul Hayati, M.Si, Sekmat Banyuresmi (Sekcam) Ahmad R Budiman, S.IP,  Kasi PMD Kecamatan Banyuresmi Azis Dahyar Mulyana, S.Sos, Kepala Desa Bagendit Endang Omardani, SE.

Ketua BPD Hasim, S.Pd, dan Anggota BPD, Babinsa Desa Bagendit Sertu Mahpudin, Babinkamtibmas Desa Bagendit Aipda Dudi Irawan, Pendamping Desa Saripatuun Nisa, S.Pd, Pendamping Desa lainya, Pendamping lokal Desa Rohmat, SE, dan Para Ketua Rw dan Rt.

Camat Banyuresmi Dra.Hj. Eti Nurul Hayati, S.Sos, M.Si mengapresiasi Pemerintah Desa Bagendit atas tertibnya acara musawarah Desa khusus (Musdesus) saat penetapan KPM Penerima BLT DD tahun 2023. Ungkapnya usai memberikan pembinaan dan arahan.

Menurutnya Desa Bagendit sebelum adanya penetapan saat Musdesus di Desa, para Ketua Rw sebelumnya telah melaksanakan Musawarah di tingkat Rw masing masing, dan Tingkat Dusun terlebih dahulu.

"Hari ini tinggal penetapan Keluarga Penerima manfaat (KPM) yang telah dimusyawarahkan sebelumnya, ini luar biasa tertib dan kondusif". Ucapnya.

BLT DD Desa ini Program Pemerintah Pusat, maka Saya, berharap bagi ke 64 KPM nanti sebagai Penerima Dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, semoga bermanfaat, untuk membantu kebutuhan hidup sehari-sehari.

Selain itu juga dana BLT DD ini, dapat juga dijadikan modal usaha oleh KPM itu sendiri untuk meningkatkan ekonomi dalam menangani kemiskinan ekstrem. Tandasnya 

Ditempat yang sama Kepala Desa Bagendit Endang Omardani SE, mengucapkan terimakasih atas kehadiran unsur Forkopimcam Kecamatan Banyuresmi, BPD Desa Bagendit, dan unsur lembaga Desa Para Ketua Rw dan Rt. Ungkapnya 

Lanjut Endang Pemerintah Desa Bagendit menetapkan 25 % Dana Desa untuk Penerima BLT DD tahun 2023 berjumlah 64 KPM, sesuai hasil kesepakatan antara BPD dan Kepala Desa, kita pilih yang maksimal Ujarnya.

Ia menjelaskan Pada tahun 2023, BLT DD difokuskan untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI Nomor 8 Tahun 2022. Terangnya 

Tahun ini Penerima BLT DD di prioritaskan untuk warga miskin ekstrem, warga sakit menahun, Desabiliatas, lansia tunggal yang tidak mendapatkan program PKH, BPNT, dan bukan Penerima pensiunan. Tandasnya 

Pemerintah Desa Bagendit berharap mudah-mudahan batuan BLT-DD ini menjadi salah satu solusi guna memenuhi kebutuhan hidup, sesuai dengan peraturan undang-undang yaitu dalam rangka penghapusan ke miskinan ekstrem.

Di Tahun 2020 -2022 terfokus kepada penanganan untuk Covid-19, sementara untuk sekarang di Tahun 2023 ke arah pemulihan ekonomi, sesuai arahan Pemerintah Pusat, mudah-mudahan Dana tersebut bisa membantu masyarakat yang benar-benar memenuhi kriteria. Pungkasnya.

Jurnalis : (Beni)

BACA JUGA BERITA LAINNYA