Breaking News

Seleksi P3K Selama 4 Hari.Di Gelar SMKN 1 Gunung Guruh

 



SUKABUMI, beritaekspos.com 

Seleksi P3K. sekaligus tes digelar di ruangan sekolah SMKN 1, Gunung Guruh,para peserta tes P3K, bukan hanya dari Kabupaten Sukabumi saja,tapi dari luar Sukabumi pun ada.Selasa 14/09/21.


Humas SMKN 1 Gunung Guruh Legimin Karyo atau panggilan akrab nya Pa Le mengatakan, Awalnya kita di kasih kuota dari luar sukabumi, cuman kalau diminta data ril nya kita juga tidak tahu persis dari sukabumi berapa orang, dari cianjur berapa orang, bahkan ada yang terjauh itu dari kabupaten garut yang ngatur peserta itu otomatis semuanya dari pusat, kita hanya menyediakan tempat tes saja," ungkapnya kepada Berita Exspos.Com.

Sedangkan untuk pelaksanaan Tes, selama 4 hari, seperti yang saya sampaikan tadi mulai dari tanggal, 13 September 2021 sampai tanggal 16, setiap harinya panitia membagi peserta Tes, 2 sesi, sesi pertama itu sebanyak 120 orang, sesi kedua 120 orang. 

"Sekarang sudah memasuk hari ke dua,  tadi pagi juga sudah terselenggara sesi pertama sebanyak 120 orang, dan untuk sesi ke dua sebanyak 120 orang di bagi menjadi 4 tempat, uji kompetensi atau di sebut DUK atau tempat lab, ada Laboratorium komputer jadi yang kita pakai ada 4 ruangan jadi 120 di bagi 4, berarti kapasitasnya setiap ruangan itu sebanyak 30 orang.jelasnya. 

Kalau untuk jurusan  banyak, termasuk dari tingakat SD, dan kalau tingkat  SD itu kan tidak ada jurusan hanya guru kelas, peserta  tes ini ada yang guru SD, guru SMP, dan  ada yang guru SMK  untuk SMK itu jurusan nya banyak sekali. 

Masih kata dia,Kalau untuk CPNS program pemerintah itu tidak bareng dengan P3K, dan kita belum di tunjuk sebagai tempat uji CPNS, sementara ini baru ditunjuk untuk tempat uji kompetensi seleksi calon P3K dan  waktunya  berbeda, kalau untuk CPNS itu jadwal nya tidak bareng dengan P3K dan kita belum di percaya atau belum ada keputusan penunjukan sekolah kita di jadikan tempat, untuk tes CPNS," katanya.

Lebih jelasnya menurut legimin karyo, Kalau untuk setiap informasi, peserta  setelah selesai mengerjakan soal, itu sudah otomatis langsung tahu hasilnya tapi kita fasilitasi dengan informasi secara transparan dan terbuka, yang pertama hasil ujian itu bisa di akses di tempel di beberapa ruangan, di sana ada barcode yang bisa di scan, nanti akan muncul hasil Tes tersebut semuanya, ada juga link khusus yang bisa di akses di internet  secara transparan, bahkan masyarakat bisa melihat hasil ujian nya seperti apa, nanti bisa di coba di lakukan hasilnya seperti apa, scan barcode nya kita lihat nanti seperti apa. 

Kemudian untuk ruangan, mohon maaf untuk tamu dari wartawan ataupun dari pemantau yang lain, tidak boleh masuk ke ruang ujian, di ruang ujian hanya pengawas, proktor, sama teknisiitu juga hanya diluar pokoknya ruangan tersebut harus benar-benar steril, kecuali ada gangguan teknis, teknisinya baru boleh masuk ruangan. 

Kalau kita punya aplikasi, kita bisa pantau kegiatan di ruangan itu kita menggunakan tronclod, kita pantau pakai CCTV setiap ruangan, dan saya bisa memantau ruangan peserta itu lewat aplikasi ini. 

Total keseluruhan  secara nasional saya tidak tahu persis, namun program nya kalau tidak salah tahun ini ada program pengangkatan P3K sebanyak 1 juta, kebetulan yang di gunung guruh seperti yang saya sebutkan tadi, peserta kita ada 849.bukan di kita saja sebenarnya, ada di SMAN Cisaat, ada di SMKN Pertanian, di SMK Sukalarang dan SMA Sukaraja, Semuanya ada 6 sekolah yang di Pakai Tes CPNS P3K  ungkapnya.

Lanjut Legimin, kemungkinan besar untuk nyontek sesama peserta tes,itu kecil kenapa? Karena setiap peserta itu  beda -beda jurusan nya, terus system sekarang  soal itu bisa di acak urutan nya, misalnya yang duduk bersebelahan, begitu di klik yang muncul soalnya berbeda.
 
Hasil tes tadi, bisa transparansi lewat scan barcode yang saya tempel di dinding, kita lihat yang kemarin dan yang tadi pagi, kalau yang sekarang belum bisa, paling cepat itu hasil ujian bisa di akses melalui barcode maupun link setelah 1.jam,  ujian selesai, pungkasnya.

Ronald A.
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||