Breaking News

*Diskominfo Garut Pantau Pelaksanaan PPKM Darurat di Kecamatan Malangbong*




GARUT, beritaekspos.com - Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut  melakukan pemantauan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Kamis (15/7/2021).

Menurut Kepala Diskominfo Garut, Muksin, hasil pemantauan di lokasi penyekatan, hilir mudik kendaraan masih relatif ramai karena jalan tersebut merupakan jalan nasional, sedangkan untuk kesadaran protokol kesehatan dari masyarakat cukup bagus. "Jadi kita lihat kalau di daerah seperti ini, karena ini adalah jalan nasional, jadi kelihatannya masih relatif ramai, tadi saya lihat kesadaran terhadap prokes sudah cukup bagus, dan terlihat masyarakat memakai masker dan juga menjaga jarak, " ujar Muksin saat diwawancarai di lokasi penyekatan.

Ia mengungkapkan, dalam pelaksanaan PPKM Darurat di Kecamatan Malangbong, seluruh unsur dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) termasuk desa juga ikut serta dalam memberikan edukasi dan sosialisasi terkait Covid-19 kepada masyarakat.

Sementara untuk sanksi yang diterapkan, imbuh Muksin, bagi pelanggar diberikan sanksi administratif, dan pihaknya juga membagikan masker kepada pelanggar yang tidak menggunakan masker. "Sanksi yang diterapkan di sini sebatas sanksi administratif dicatat kemudian diberi keterenagan kepada yang bersangkutan bahkan kita kasih masker," ucapnya.

Muksin berharap ada partisipasi masyarakat dalam pencegehan Covid-19, dengan harapan akan memunculkan kesadaran bersama akan ancaman dari pandemi Covid-19. "Harapan ke depan, jadi kita itu memang harus lebih menguatkan partisipasi masyarakat di dalam pencegahan covid, dengan harapan bahwa akan menjadi kesadaran bersama kemudian pada akhirnya nanti kita harapkan terjadi _herd immunity_, jadi kekebalan imunitas yang bakal lebih banyak berperan dalam penangkalan virus Covid-19," harapnya.

Dalam kunjungannya ke Kecamatan Malangbong ini, Kepala Diskominfo Garut beserta jajarannya juga menyempatkan meninjau pelaksanaan vaksinasi di Aula Kecamatan Malangbong. Terpantau yang antusiasme warga sangat tinggi dalam mengikuti program vaksinasi tersebut.

Kepala Puskesmas Malangbong, dr. Asep Juanda, menyampaikan, dalam vaksinasi tersebut pihaknya menargetkan 120 orang untuk mendapatkan vaksin dosis pertama diprioritaskan terhadap lansia. Meski demikian, kenyataan di lapangan terdapat pemegang kartu PKH yang banyak datang dan melakukan vaksinasi. 

dr. Asep mengatakan program vaksinasi yang akan dilakukan secara berkelanjutan oleh pihaknya ini, diharapkan masyarakat yang sudah divaksin memiliki antibodi sehingga tidak mudah terpapar Covid-19.

(Beni)

|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||