Breaking News

Kepala Desa Karyasari Gaya Mulyana, Apresiasi Kegiatan Mabar UIN Sunan Gunung Djati 2023




GARUT, beritaekspos.com - 
Kepala Desa Karyasari Gaya Mulyana menyambut baik program Mahasiswa/i Universitas Negeri Islam (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, dalam melaksanakan kegiatan Mahasiswa beraspirasi (Mabar) Tahun 2023.

Tema yang diusung Revitalisasi Nilai Kebudayaan dalam mengoptimalkan potensi Desa Pasca Pandemi Covid-19, Kegiatan berlangsung di aula Desa Karyasari, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Senin, 30 Januari 2023.

Menurut Kepala Desa Karyasari Gaya Mulyana, Saya sebagai penanggung jawab sangat mengapresiasi dan bersyukur terhadap adanya Mabar 2023, dari masiasiwa UIN Sunan Gunung. Ungkapnya

Selain itu ada juga mahasiswa dari ITB, UGM, UI, dan ikatan bidan Indonesia, yang sedang bertugas mengintervensi balita stunting, sehingga diharapkan Desa Karyasari semakin maju, dalam segala aspek kedepannya.

"Dengan adanya Mabar ini, semoga Desa Karyasari ada perubahan, kearah yang lebih baik, baik dari sektor pendidikan, kesehatan, keagamaan, maupun sektor ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat" Ujarnya.

Diakhiri acara Gaya Mulyana mengatakan yel-yel "Kecamatan Banyuresmi Good, Desa Karyasari Gaya" 

Ditempat yang sama Ketua Himpunan mahasiswa Gunung Djati (HMJ) manajemen Luthfi Ahmad Sidik, mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Karyasari atas sambutan dan dukungan bagi kami dalam menjalankan tugas kampus selama 10 hari.

Lanjut Lutfi menjelaskan mengenai revitalisasi nilai kebudayaan dalam mengoptimalkan potensi Desa Pasca Pandemi Covid-19. 

Konsepnya kita telah bekerjasama dengan beberapa Departemen, baik dengan departemen ekonomi, sosial, lingkungan dan Departemen pendidikan.

Dari konsep itu untuk Departemen sosial ekonomi menunjang terhadap UMKM pembuatan tas yang ada di Desa Karyasari akan dikembangkan secara digitalisasi.

Mengenai untuk kebersihan lingkungan dapat menunjang pengelolaan sampah bekerjasama dengan Departemen lingkungan hidup, dan peningkatan pendidikan bekerja sama dengan departemen pendidikan yaitu akan diadakannya perlombaan di SD dan MI untuk bisa memberikan motivasi belajar.

Lanjut Lutfi mengenai Desa Karyasari menjadi pilihan kami, dari pihak kampus sebelumnya sudah melaksanakan riset, sesuai kondisi geografis bahwa tepatnya kami melaksanakan kegiatan mahasiwa beraspirasi (Mabar), di Desa Karyasari.

Kegiatan Mabar ini bertujuan untuk  memberikan motivasi kepada warga Desa Karyasari untuk lebih maju dari berbagai hal dari potensi yang ada, dan juga untuk melaksanakan riset (penelitian).

Selain itu merevitalisasi nilai kebudayaan yang ada menghidupkan kembali suatu hal yang sebelumnya kurang terberdaya, menjadikan menjadi vital untuk kemajuan Desa Karyasari dimasa yang akan datang. Pungkasnya.

Dalam kegiatan Mabar tersebut, di ikuti 65 Mahasiswa/i jurusan manajemen dan dihadiri oleh unsur lembaga Desa, Rt, RW, Ketua MUI Desa Karyasari, perangkat Desa Karyasari, serta tim penggerak PKK Desa Karyasari.

Jurnalis : (Beni)

BACA JUGA BERITA LAINNYA