Breaking News

Tim Verifikasi ODF Provinsi Jawa Barat Sambangi Desa Tanjung Sari Kabupaten Sukabumi




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Dalam rangka mendukung program Open Defecation Free (ODF) atau kegiatan masyarakat yang tidak buang air besar sembarangan (BABS), Pemerintah Desa Tanjungsari Kecamatan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi, Melakukan program Jambanisasi melalui Peningkatan Swadaya masyarakat. 

Hal Tersebut Disampaikan Kepala Desa Tanjung Sari Dilah Hablillah Saat menerima Kunjungan Tim Gabungan Verifikasi Open Defecation Free (ODF) Pemerintah Provinsi Jawa Barat Pada Kamis (10/06/2021). Yang di hadiri  Muspika Jampang Tengah, Tim satgas ODF Desa, Dan tokoh masyarakat. 

Dillah Hablillah mengatakan, Program 
ini adalah untuk menghilangkan kebiasaan buang air besar (BAB) sembarangan seperti di sungai, kebun, yang sekiranya dapat mencemari lingkungan Dan menimbulkan penyakit berbasis lingkungan seperti diare dan penyakit lain nya,” Ujar Dillah Kepada Berita ekspos.com Kamis (10/06/2021).

Tim Provinsi Jawa Barat Melakukan Verifikasi ke lapangan dengan menjumpai sejumlah lokasi warga ditingkat RT/RW Untuk Memastikan masyarakat tidak lagi Buang Air Besar (BAB) sembarangan dengan memiliki jamban sehat. 

Desa Tanjung Sari Sendiri telah menyatakan diri bebas ODF dan siap untuk di verifikasi,pemerintah desa dan masyarakat telah membangun sejumlah sarana jamban sehat yang tersebar di beberapa RW. Melalui Swadaya. 

Sebelumnya pihak desa telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, tentang penting nya tidak BAB sembarangan dan PHBS yang di laksanakan oleh segenap unsur pemerintahan dan satgas ODF. 

Disamping itu pemdes juga melaksanakan penertiban tempat-tempat BAB yang tidak Memenuhi syarat PHBS, serta upaya Memenuhi sarana dan prasarana jamban yang sehat. Melalui program pembangunan MCK,"Beber nya. 

Sementara Itu Camat Jampang Tengah Sabar Suko manyampaikan, Hari Kami Muspika Jampang Tengah bersama satgas ODF desa mendampingi Tim Verifikasi provinsi jawa barat, mengunjungi sejumlah rumah warga di tingkat RT/RW Untuk melihat masyarakat tidak buang air besar (BAB) sembarangan. Dengan memiliki Sarana jamban sehat. 

Saya ucapkan terima kasih kepada segenap satgas ODF, Baik kecamatan, maupun satgas Desa atas segala jerih payah nya, yang tidak mengenal  Lelah dalam mewujudkan kabupaten Sukabumi bebas ODF. 

Kepada semua unsur yang terlibat, Baik tokoh agama, tokoh masyarakat, serta seluruh warga masyarakat, sangat apresiasi atas dukungan dan kesadarannya untuk stop BAB sembarangan sehingga kedepan dapat mewujudkan Kabupaten Sukabumi bebas ODF."Terang nya. 

OIS/Ade
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||