Breaking News

Bupati Karawang; Gerakan Pramuka Harus Jadi Mitra Pemkab dalam Penanganan Pandemi





KARAWANG, beritaekspos.com - 
Salah satu aspek yang harus dikembangkan dalam gerakan pramuka di Kabupaten Karawang adalah semangat pengabdian dan pelayanan. Hal itu sangat relevan jika diaplikasikan melalui gerakan nyata untuk membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan wabah pandemi.

Demikian disampaikan Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana dalam Kegiatan Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Karawang Tahun 2021, Senin (14/6/2021) di RM. Alam Sari.

Bupati Cellica mengatakan, gerakan pramuka di Kabupaten Karawang harus memiliki peran nyata dalam penanganan pandemi covid-19. Tekad tersebut perlu terus ditanamkan pada seluruh pengurus pramuka mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

Bupati meyakini gerakan Pramuka dapat menjadi solusi dalam hal menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan bela negara, terlebih di masa pandemi ini.

"Mengokohkan rasa nasionalisme dalam menghadapi pandemi ini sangat penting, karena untuk menghadapi pandemi covid-19 harus bersama-sama dalam kegotong-royongan," ujar Bupati.

Menurutnya, dalam gerakan Pramuka, nilai Dasa Dharma, Tri Satya Pramuka sudah menjadi komitmen. Hal ini, bisa diimplementasikan dalam penanggulangan pandemi ini.

"Ada nilai-nilai gotong-royong, peduli sesama, perilaku hidup sehat dan bersih. Gerakan Pramuka harus hadir ditengah masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Secara konkrit, saat ini Kabupaten Karawang sedang mengoptimalisasikan PPKM di tingkat kecamatan. Pramuka harus hadir di tengah tengah masyarakat untuk menciptakan kebaikan kebaikan," tutur Bupati.

Bupati juga mengatakan, gerakan Pramuka tidak memandang batasan usia. Prinsip dasarnya yang lebih tua bertanggung jawab membina dan mendampingi adik-adiknya.

"Atas dasar prinsip tersebut, Pramuka merupakan media efektif untuk menempa generasi millenial untuk tumbuh dan mengembangkan dirinya secara optimal demi nusa dan bangsa," kata Bupati. 

(red)
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||