Breaking News

Petani di Desa Cibatu Kembangkan Pertanian Padi Organik



SUKABUMI, beritaekspos.com -
Petani di Desa cibatu kecamatan Cikembar kabupaten sukabumi, mengembangkan sistem pertanian padi organik, program pengembangan pertanian organik berbasis sumber daya lokal untuk peningkatan tarap ekonomi masyarakat melalui sektor pertanian. 

Ketua (BPD) desa cibatu Setia Purwata mengatakan, program pertanian sistem organik, itu merupakan bagian dari sektor pelestarian alam, khususnya bagi lahan pertanian. yang merupakan program peningkatan sumber daya pangan lokal ini bertujuan untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat pedesaan terutama dengan hasil pertanian yang berkualitas tinggi.

Pemerintah Desa sangat respon dan mendorong para petani untuk mengembangkan pertanian padi organik.
Sejauh ini para petani yang tergabung dalam gabungan kelompok tani (gapoktan) semakin banyak yang beralih bertani padi organik. 

Desa cibatu sendiri salah satu desa di kabupaten sukabumi sebagai desa percontohan pertanian organik, saat ini pemerintah desa dan pihak terkait terus berupaya mendorong para petani melalui pendampingan dan suport supaya mereka lebih semangat dalam melaksanakan pertanian."Ucap setia purwata Kepada berita ekspos. Com. Selasa (06/04/2021) 

Ia menjelaskan, Meski saat ini  pemerintah desa belum banyak membantu secara material untuk para petani, dikarnakan anggaran desa kali ini sedang fokus ke penanganan covid-19, sehingga pemerintah desa belum bisa menganggarkan untuk di sektor pertanian.  

Seiring dengan pangsa pasar yang semakin terbuka. Tidak hanya karena bernilai ekonomis tinggi, pertanian organik penting untuk perbaikan ekosistem pertanian, 

"Kami harap para petani dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya bahan pangan organik yang selain dapat memberikan manfaat lebih bagi tubuh juga dapat menghasilkan nilai ekonomi tinggi seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya bahan pangan yang sehat.

Alhamdulillah dalam kurun waktu 3 tahun pertanian organik di desa cibatu semakin meningkat, kerjasama pemerintah, masyarakat dan juga petugas penyuluh lapangan (PPL) dari dinas pertanian terus berupaya melakukan pendampingan di setiap kegiatan di kelompok tani. 

"Kedepan dengan adanya pertanian organik di desa cibatu dapat meningkatkan tarap ekonomi masyarakat  membantu mewujudkan program pemerintah dibidang ketahanan pangan baik di wilayah  maupun ketahanan pangan nasional,"Pungkasnya

OIS/ Ade
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||