Breaking News

Puluhan warga Desa Cikembar Kabupaten Sukabumi, turun ke sungai bersihkan tumpukan sampah





SUKABUMI, beritaekspos.com -
Puluhan warga dari berbagai elemen masyarakat turun ke Sungai cikembar desa/kecamatan Cikembar kabupaten sukabumi, Mereka bahu membahu membersihkan sampah dari sungai tersebut.pada minggu (04/04/2021) 

Kegiatan bersihkan sungai dari tumpukan sampah, dimulai sejak pukul 08.00 WIB, mereka bergerak turun ke sungai untuk memungut dan mengangkut sampah.dengan menggunakan peralatan seadanya. 

warga secara manual memungut sampah dengan alat seadanya. Ada sejumlah titik yang menjadi fokus pembersihan. Namun, yang paling parah berada di bawah jembatan jalan nasional,"Kata kepala desa Cikembar Suhendar kepada berita ekspos. Com minggu (04/04/2021).

Suhendar mengatakan, pembersihan sungai dari tumpukan sampah merupakan bentuk kepedulian masyarakat yang peduli terhadap lingkungan, Upaya ini juga untuk meningkatkan rasa kebersamaan gotong royong dalam rangka memelihara lingkungan bersih dan sehat. 

Adapun yang terlibat kerja bakti membersihkan sampah di sungai cikembar itu, dari lembaga Desa ada (BPD) perangkat Desa, karang taruna, (LPM), komunitas kepemudaan dan masyarakat sekitar, yang alhamdulilah semua kompak ikut berpartisipasi  bersama-sama membersihkan sampah dari sungai tersebut,"Ucap Suhendar. 

Dia menyatakan, Pemerintah desa akan terus menggerakan masyarakat dalam bergotong royong, sejauh ini masyarakat di desa Cikembar masih mempertahankan budaya gotong royong di setiap kegiatan selalu ada kebersamaan. 

Gerakan ini muncul karena tumpukan sampah di Sungai cikembar ini sudah sangat parah. diperparah lagi adanya longsoran pohon bambu  yang menghalangi aliran sungai  menyebabkan air terbendung akibat tumpukan sampah dan bambu. 
"Tuturnya.

Masih kata suhendar, Aksi kerja bakti ini adalah sebagai upaya untuk meminimalkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab buang sampah di sungai ini.padahal dari pemerintah desa telah berkali-kali menghimbau masyarakat untuk tidak buang sampah di tempat ini, namun himbauan tersebut tidak di hiraukan sehingga penumpukan sampah masih terus terjadi. 

"Kami harap masyarakat untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan bersih, dengan tidak membuang sampah sembarangan apa lagi disungai, Buang sampah pada tempatnya yang sudah di sediakan seperti bank sampah atau penampungan sampah lain nya." Pungkasnya. Is/De
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||