Breaking News

Ketua FKPM Kabupaten Sukabumi, Kukuhkan pengurus FKPM Kecamatan Cikembar




SUKABUMI, beritaekspos.com -
Forum Kader Pembangunan Manusia (FKPM) adalah warga masyarakat Desa yang dipilih melalui musyawarah Desa untuk bekerja membantu pemerintah Desa dalam memfasilitasi masyarakat Desa dalam merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pembangunan sumberdaya manusia di Desa.

Mensosialisasikan kebijakan konvergensi pencegahan stunting di Desa kepada masyarakat, Memantau layanan pencegahan stunting terhadap sasaran rumah tangga untuk memastikan setiap sasaran pencegahan stunting mendapatkan layanan yang berkualitas.

"jadi, intinya kehadiran (KPM) ditingkat desa atau level bawah itu,  untuk membantu menanggulangi pencegahan stunting berkolaborasi dengan pihak kesehatan."Ucap ketua (FKPM) kabupaten sukabumi, Timan Sutiman kepada berita ekspos. Com, Jumat (26/03/2021) 

Disampaikan nya Timan,  Pada kegiatan pengukuhan pengurus Forum Kader pembangunan manusia (FKPM) kecamatan cikembar, Yang di laksanakan di gedung aula kecamatan Cikembar kabupaten sukabumi Jawa Barat Jumat (26/03/2021).


Dia mengatakan, bahwa pengukuhan pengurus jFKPM) kecamatan Cikembar merupakan yang ke 18, dan setelah di kukuhkan ini mudah-mudahan program pencegahan stunting melalui kekuatan sumber daya manusia (SDM) melalui (KPM) ini semakin kuat, maka angka stunting khususnya di kecamatan Cikembar bisa menurun umum nya di kabupaten sukabumi. 

Nantinya Forum ini akan mengkoordinasikan terkait semua pembangunan stunting di kecamatan juga tentunya melakukan pembinaan kepda  (KPM) di desa yang termasuk anggotanya supaya lebih efektif dalam kerjanya,"Ucap Timan. 

Menurutnya, Forum (KPM)  kecamatan tentu punya kewajiban dan ini menjadi mutlak harus melakukan kerjasama kemitraan karna penangan stunting ini sifat nya konvergensi jadi semua lintas sektoral wajib di lakukan. 

Kalau untuk pendanaan Forum kecmatan ini hanya iuran dari anggota saja, "Nah, sementara yang lebih fokus pembiayaan ada di (KPM) desa nya sajah karna sudah menjadi amanat pemerintah pusat melalui dana desa (DD). Salah satunya untuk insentif dan operasional (KPM) di desa. 

Lebih jauh Timan menyatakan, Peran pemerintah tentunya ini menjadi kewajiban, (KPM) ini harus di pastikan disemua desa terbentuk, dan tentu sumber daya (KPM) juga harus punya kapasitas, Karna tugas mereka lumayan cukup berat dengan program stunting ini, maka pemerintah harus  lebih memperkuat (KPM) yang ada di desa. Sesuai pungsi tugas dan hak nya juga harus diperhatikan. 

Kami harap kedepan kehadiran (KPM) di tingkat kecamatan dan desa lebih meningkat kapsitas nya dan lebih di perhatikan, Yang tentunya akan berdampak pada pembangunan penanganan stanting perintah daerah yang disampaikan ke desa bisa cepat selasai sehingga angka penurunan stunting di kabupaten sukabumi bisa menurun secara drastis,"Pungkasnya.
Ois/Ade 
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||