Breaking News

*Bumdes Desa Banyuresmi Garut Sukses Wujudkan Bangun Pasar Secara Mandiri*




GARUT, beritaekspos.com -
Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Banyuresmi, selama kurang lebih satu tahun mulai tanggal 01 April 2020 hingga 29/03/2021, telah selesai bangunan pasar mencapai 99 %, berlokasi depan kantor Desa Banyuremi Kabupaten Garut provinsi Jawa Barat. Senin, 29/03/2021. Pukul 14.⁰⁰ Wib.

Ridwan Afif Ketua Bumdes mengatakan, pasar Desa Banyuresmi ini berjumlah 180 kios dan untuk los ada 64 unit. Pembangunan pasar yang dibangun secara mandiri, artinya pembangunan pasar dibiayai oleh waraga pasar itu sendiri, dan untuk suplayer bahan material dan Kontruksi itu sendiri dirancang oleh putra Desa Banyuresmi, ungkapnya.

Menurutnya untuk mensukseskan pasar ini, dilertabalakangi peran Kepala Desa dengan menjalin komunikasi dengan warga pasar, yang sebelumnya menempati atau pemilik kios agar dibangun oleh kita semua untuk kemajuan bersama, yang selanjutnya dibangun oleh Bumdes Baraya Desa Banyuresmi, ujarnya

Selain itu sesuai kesepakatan bersama, pasar yang baru dibangun ini akan diberi nama " Pasar Baraya Desa Banyuresmi" sesuai asal nama "Bumdes Baraya Desa Banyuresmi". Kami berencana pasar ini akan diresmikan pada hari Senin tanggal 05/04/2021, imbuhnya


Kami jajaran Bumdes merasa bangga dan mengucapkan terimakasih terhadap Kepala Desa Banyuresmi (Ahmad Hidayat), yang telah memberikan motivasi agar bisa mandiri dalam membangun Pasar Baraya Desa Banyuresmi, tutupnya

Sementara Agus Yusuf, S.Ag, anggota LPM menambahkan suksesnya pembangunan pasar ini, wujud dari kebersamaan atara Kepala Desa, Bumdes, LPM, BPD, dan warga pasar, satu persepsi, ucapnya.

Selain itu dengan adanya pasar ini bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan Asli Desa untuk kemajuan masyarakat Desa Banyuresmi, begitu juga dengan kemandiriannya sehingga Desa Banyuresmi kedepan bisa mengelolaya secara mandiri, ujarnya.

Selain itu Dian Nurdiana salah satu Anggota Bumdes mengatakan, kami berharap bagi pemilik kios, kunci akan diserahkan sesuai komitmen bersama setelah DP masuk, dan lunas cicilan sampai Bulan Maret 2021, dengan tujuan untuk ketertiban semua, tandasnya.

Ditempat terpisah, pihak pemilik kios Rahmat Hidayat dan Jajang, mengatakan dengan telah selainya pembangunan pasar ini. Kami sangat bahagia, sudah 20 tahun merintis berusaha di pasar Banyuresmi sampai saat ini, tetap bisa menempati kembali pasar Banyuresmi.

Kami mengucapkan trimakasih kepada Kepala Desa yang telah mempasilitasi seluruh warga pasar, walaupun pembayaran dengan sistem mencicil dan penuh kebijaksanaan, dalam sistim pembayarannya sehingga tidak memberatkan pemilik kios, ujarnya.

Rizky Abdul Mughni sebagai suplayer bahan material Jaya Bunga Mekar (JBM) dan kontruksi menjelaskan, bahan material yang kami suplai sesuai permohonan Bumdes dan pembayaranyapun disesuaikan dengan komitmen bersama, sehingga pembangunan berjalan lancar, ujarnya.

Alhamdulillah hari ini pun sedang melaksanakan pengerasan halaman pasar dengan hotmik seluas kurang lebih 600 M, serta kurang lebih akan mengabiskan 4 Damtruk, dengan target hari ini selesai, tuturnya.

Sebagai putra Desa Banyuresmi dengan selesai pembungan pasar Banyuresmi ini kurang lebih luas 1.800 M, dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Banyuresmi khususnya, umumnya bagi masyarakat Kecamatan Banyuresmi yang memiliki potensi. Pungkasnya.

(Beni).

|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||