Breaking News

Marsekal Muda TNI Eding Sungkana, Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Sekolah Penerbang A-104 dan PTTA




JAKARTA, beritaekspos.com - 
Berita eskpos com Wadan Kodiklat AU Marsekal Muda TNI Eding Sungkana, S.AB.,M.Tr.(Han) memimpin upacara pembukaan Pendidikan Sekolah Penerbang A-104 dan PTTA, bertempat di Gedung Jupiter Lanud Adisutjipto, Rabu (10/8/2022).
Dalam kesempatan itu Wadan Kodiklat AU Marsekal Muda TNI Eding Sungkana membacakan sambutan  Komandan Kodiklat AU M. Tonny Harjono, SE, MM.


Dan Kodiklat menyampaikan ucapan selamat kepada 41 siswa Sekbang Angkatan ke 104 dan 4 siswa operator PTTA angkatan ke 6 yang telah terpilih melalui tahapan seleksi yang ketat sesuai kriteria yang ditetapkan,  memiliki potensi akademis atau intelegensi yang tinggi, kesamaptaan jasmani yang prima, kesehatan serta psikologi yang baik.

“Saat ini kalian sudah terpilij dan akan menjalani pendidikan di Sekolah Penerbang kebanggaan TNI AU. Untuk siswa Sekbang akan melaksanakan selama 74 minggu atau 19 bulan, yang terbagi dalam beberapa tahap, yaitu Bina Kelas Murni, Bina Kelas Paralel dengan Bina Terbang Latih Dasar selama 9 bulan dan dilanjutkan Bina Terbang Latih Lanjur selama 8,5 bulan dengan menggunakan pesawat KT-1B (Fixwing) dan pesawat EC-120 Colibri (Rotary Wing) dan tahap terakhir 1 bulan bina kelas,” kata Dan Kodiklat dalam sambutannya.

Sedangkan untuk siswa operator PTTA selama 12 bulan atau 48 minggu, yang terbagi dalam dasar penerbang PTTA di Lanud Adisutjipto selama 3 bulan. Selanjutnya dilaksanakan latih mula dan latih lanjut PTTA selama 9 bulan.
 
“ Pendidikan Sekbang dan operator PTTA ini bertujuan membekali Taruna/Taruni Tingkat IV AAU dan Perwira Pertama TNI AU agar dapat bertugas sebagai penerbang dan operator PTTA dengan diberikan pengetahuan dan keterampilan dasar di bidang penerbangan militer dan memiliki sikap dan perilaku yang dilandasi Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit,” tuturnya.

Delapan wajib TNI dan Kesamaptaan jasmani yang baik guna mendukung tugas pokok dengan sasaran pendidikan untuk melahirkan perwira penerbang TNI yang profesional.

“ Manfaatkan kesempatan baik ini, waktu, pikiran dan tenaga kalian untuk fokus melaksanakan pendidikan, ikuti aturan dan ketentuan yang berlaku di Lembaga Pendidikan kebanggaan TNI AU di Bumi Maguwo ini, sehingga kalian dapat mengikuti pendidikan dengan aman, baik dan lancar, dengan tetap menjunjung tinggi safaety di atas segalanya, serta selalu melaksanakan standar protokol kesehatan, karena masih berada dalam kondisi pandemi Covid-19,” tegas Dan Kodiklat.

 Dan Kodiklat AU juga menekankan untuk dipedomani selama pendidikan Sekbang A-104 dan pendidikan operator PTTA  A-6, pertama budayakan safety sehingga seluruh rangkaian pendidikan dapat berjalan dengan baik
Kedua, lanjutnya, laksanakan protokol kesehatan dengan sebaik mungkin agar terhindar dari Covid-19 yang dapat menghambat proses pendidikan.

Red




BACA JUGA BERITA LAINNYA