Breaking News

Sekolah SMKN 1 Gunungguruh,Di Jamin Lulus Dapat Sertifikasi Profesi Bergengsi.




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Untuk kegiatan UKK (uji kompetensi kejuruan), di SMKN 1 Gunungguruh ada 4 kompetensi, yang pertama kompetensi tehnik kendaraan ringan (TKRU),yang kedua tehnik permesinan, yang ketiga tehnik komputer dan jaringan, dan yang ke empat tehnik Desain permodelan dan informasi bangunan

 Wakil kepala sarana dan prasarana SMKN 1 Gunungguruh Sunardi mengatakan, Jadi 4 kompetensi itu, sekarang melakukan uji kompetensi melalui lembaga, nama nya lembaga sertifikasi dan profesi, dan SMKN 1 Gunungguruh menginduk ke SMK 1 kota sukabumi, karena kita belum mempunyai lembaga sertifikasi profesi (LSP),"terangnya kepada beritaekspos.com Kamis 07/04/2022.

"Karena di sana sudah ada LSP nya, jadi kita masih nginduk ke SMKN 1 Kota Sukabumi , dan berjalan sejak tanggal 4 April kemarin dan di rencanakan sampai tanggal 22 April untuk TKRU, yang lain juga hampir sama sekitaran itu,"katanya.

Dan kegiatan ini juga nanti akan mengundang dari industri juga, jadi setiap masing -masing job kerja dari jurusan masing -masing, tujuan nya nanti buat sinkronisasi antara di jurusan masing -masing, dengan pihak industri, jadi industri di perusahaan masing -masing dan dari LSP itu sendiri,"jelasnya.

Lanjut Sunardi, Dan nanti soal yang di sampaikan dari kegiatan LSP(lembaga sertifikasi profesi) itu, lembaga yang mensertifikasi anak-anak kalau dulu namanya uji kompetensi, sekarang uji kompetensi di ganti lembaga nya namanya (LSP) (lembaga sertifikasi profesi).

Kalau SMK ada perbedaan, kegiatan uji kompetensi nya itu harus ada uji kompetensi praktek, kalau di SMA kan tidak ada, kalau di SMK itu dulu semacan ujian Nasional nah sekarang Ujian Nasional tidak ada, kegiatan praktek nya tetap ada,"paparnya.

Lanjut dia Untuk jumlah siswa pas nya saya kurang tahu persis, cuman setiap jurusan itu ada 3 rombel, rombel nya itu kisaran 36 berarti di kalikan 4.

Lebih lanjut Sunardi, menjelaskan Kalau ujian ini selesai sesuai rencana, anak -anak di harapkan SMKN 1 Gunungguruh mendapatkan, sertifikat nah sertifikat itu layak untuk di jadikan modal mereka nanti di dunia kerja, sehingga dari sertifikasi itu, bisa di akui dan mereka itu kalau lulus akan mendapatkan sertifikat berlogo Garuda.

Kalau tidak lulus nanti akan mendapatkan skill pasport saja jadi memang teruji dari LSP (lembaga sertifikasi profesi) itu, jadi kalau memang ujian nya itu sesuai dengan persyaratan yang di berikan oleh LSP (lembaga sertifikasi profesi), mereka lulus akan mendapatkan sertifikat dari LSP ada logi Garuda dan itu berarti dia kompeten.

"Nah kalau tidak kompeten atau tidak lulus berarti tidak mendapatkan sertifikat itu, dia akan mendapatkan sertifikat skill pasport saja tidak berupa sertifikat," tutupnya. 

(Ronald)
BACA JUGA BERITA LAINNYA