Breaking News

Desa Parakan Lima Cikembar, Dapat Program PTSL 2.600 Bidang

 



SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Di tengah masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini, Desa Parakan lima  Kecamatan Cikembar kabupaten sukabumi, Mendapat program proritas nasional berupa percepatan pendaptaran tanah sistematis lengkap (PTSL) tahun 2021 sebanyak 2.600 bidang.

Program (PTSL) sendiri merupakan program dari pemerintah yang ditujukan bagi masyarakat untuk medapatkan sertifikat tanah dan bebas dari biaya pajak pembuatan sertifikat tanah.

Menurut sekretaris Desa (sekdes) parakan lima Edi Sutedi mengatakan, 
Program (PTSL) di desa parakan lima sedang berjalan, tahapan demi  tahapan yang sudah di lakukan baru selesai pengukuran, sesuai arahan dari badan pertanahan nasional (BPN). 

‘’Untuk Penggalian biaya selama ini dari target yang sudah di laksanakan memang kuota dari (BPN) itu sebanyak 2.600 bidang namun sepertinya kuota tersebut tidak akan tercapai dikarnakan sampai saat ini warga yang baru mendaftarkan ke desa baru mencapai 1.200 pemohon yang sudah terdaptar. "Ucap Edi. 

Ia menambahkan, Proses saat ini baru selesai tahap pengukuran adapan anjuran dari (BPN) yang sudah di ukur mestinya mendaptar, Tapi berhubung dengan kondisi keuangan di masyarakt tidak memungkinkan sehingga mempengaruhi kurang nya minat masyarakat untuk ikut serta menjadi pemohon (PTSL) 


Membuat sertifikat itu tidak mudah, tetapi dengan program pemerintah ini masyarakat bisa terbantu untuk bisa mendapatkan sertifikat tanah. Inilah program pemerintah yang tujuannya untuk mempermudah warga ketika ingin mendapatkan akses tentang sertifikat. 

Sertifikat tanah sendiri memiliki nilai ekonomis selain untuk tertib nya legalitas tanah, juga sebagai alat untuk mendapatkan bantuan modal usaha dari Bank.Sehingga nanti kalau sudah  terbit sertifikat tanah tersebut, masyarakat bisa menggunakannya dengan sebaik mungkin.

Dengan adanya program ini, alhamdulillah bisa membantu masyrakat
Dalam menertibkan sertifikat tanah, Kami sebagai pemerintah desa tentunya tidak akan bosan untuk mendorong terlaksana nya program ini, karna sangat betul-betul membantu masyarakat yang ingin memiliki sertifikat. "Pungkas nya. 

Ois/Ade.
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||