Breaking News

Puluhan Petugas POPT Se-Kabupaten Sukabumi Mengikuti Rakor dan Evaluasi Pengendalian OPT





SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Puluhan petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) se-Kabupaten Sukabumi, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pengendalian hama atau virus pada tumbuhan.

Rapat Koordinasi digelar di Aula BPP Kecamatan Cikembar, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Senin (20/05/24).


Koordinator POPT Kabupaten Sukabumi, Uden Tagiman menyampaikan, pada hari ini dilaksanakan rapat koordinasi dan evaluasi tentang keadaan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) di Kabupaten Sukabumi.

"Yang mana mestinya untuk kedepannya OPT kita dapat ditekan semaksimal mungkin, dan Alhamdulillah pada musim ini juga OPT di kabupaten Sukabumi aman terkendali,"Ungkap Uden kepada beritaekspos.com Senin (20/05/24).

Uden menjelaskan, dalam rakor ini, materi yang disampaikan terkait keadaan OPT di Kabupaten Sukabumi, seperti, OPT Blas, penggerek batang, virus tungro, BLB, dan hama tikus.

"Kami dan rekan-rekan selalu memantau, mengamati, menganalisa, dan meramalkan bahwa OPT itu tetap terkendali, dan maksimal serangan OPT itu diangka 4,5 persen,"Tuturnya.

Terkait kendala, sambung Uden, di Kabupaten Sukabumi itu, bahwa POPT itu jumlahnya masih kurang. Dari 47 Kecamatan petugas POPT  hanya 30 orang. Jadi, maksimalnya itu satu kecamatan satu.

"Insya Allah peran kami itu sudah maksimal, karena sudah bisa menekan serangan OPT itu tidak sampai 4,5 persen,"Bebernya.

Yang paling di tekankan dalam penanganan, Lanjut dia, itu OPT Tikus, Blas, penggerek batang, virus tungro dan BLB, itu OPT utama. 

Alhamdulillah untuk peningkatan OPT tidak ada peningkatan signifikan, walaupun ada salah satu yang meningkat, tapi tidak signifikan.

"Harapan kami, dengan rakor ini terjalinnya silaturahmi, tertekannya seminimal mungkin OPT untuk kedepannya, dan kami itu kedepannya ada pantauan dari pemerintah bahwa untuk petugas POPT ada penambahan, "Pungkasnya. (De).

BACA JUGA BERITA LAINNYA