Breaking News

SMP Pasundan Sumurgede Kecamatan Cilamaya Kulon Mengikuti Lomba Olahraga Tradisional Tingkat Kabupaten Karawang



KARAWANG, beritaekspos.com -   
Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang menggelar lomba permainan terompah panjang, enggrang dan dagongan untuk siswa sekolah tingkat SMP se-kabupaten. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencari bakat pemain permainan tradisional, sebagai upaya melestarikan budaya permainan olahraga tradisional. 

Lomba olahraga tradisional dari tingkat SMP se-Kabupaten Karawang ini digelar selama satu hari bertempat di lapangan Sumber Telukjambe Timur pada hari Jumat 26 April 2024.

Dalam kegiatan ini terdapat tiga cabang yang diperlombakan, yaitu terompah panjang, enggrang dan dagongan.

Hal itu dsampaikan Wakasek Kurikulum SMP Pasundan Sumurgede Tata Unaya,S.Pd.I kepada wartawan, Senin 29 April 2024 disekolah.

Ia mengatakan, kegiatan lomba olahraga tradisional tingkat kabupaten ini diikuti oleh siswa SMP Pasundan Sumurgede. Selain untuk meraih prestasi, kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya.

“Ini untuk mencari bakat siswa dalam permainan olahraga tradisional. Alhamdulillah sekolah kami meraih prestasi. Nanti pemenangnya akan diikutkan dalam lomba tingkat provinsi,” tutur Tata.

Tata menambahkan, terompah panjang adalah permainan olahraga tradisional yang menggunakan kayu panjang dengan ukuran tertentu sebagai alat mengadu kecepatan dengan menempuh jarak yang telah ditentukan.

Permainan ini dilakukan oleh tiga atau lima orang dalam sepasang terompah.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini anak-anak tetep mengenal permainan tradisional di tengah kemajuan teknologi seperti saat ini,” pungkas Tata.

Sementara itu, Mesya Aprilia salah satu peserta lomba mengatakan, baru pertama kali mencoba dan mengikuti permainan terompah panjang ini.

Selain membutuhkan kesimbangan dan kosentrasi, permainan tradisional ini juga menuntut untuk membangun kekompakan, sehingga membutuhkan waktu satu minggu untuk berlatih.

“Baru pertama kali mengikuti lomba ini, persiapannya selama satu minggu,” katanya. (gi) 

BACA JUGA BERITA LAINNYA