Breaking News

Satlantas Polres Karawang Optimalkan Pelatihan Safety Riding Kepada Karyawan Pabrik



KARAWANG, beritaekspos.com -  Personel Satlantas Polres Karawang Bripka Syarif Hidayat beserta Briptu Rizal Budi Ramdani melaksanakan pelatihan safety riding atau driving dan sosialisasi etika berlalu lintas kepada karyawan di Kawasan Industri KIIC, Kabupaten Karawang, Selasa (30/1/2024).

Kapolres Karawang Polda Jabar AKBP Wirdhanto Hadicaksono., SH., M.SI melalui Kasat Lantas Polres Karawang AKP Lucky Martono., SH., MM., CHRA menjelaskan, edukasi tersebut penting diketahui bagi para karyawan sebagai pedoman untuk bertindak dan bersikap, yang nantinya bisa diterapkan ketika berkendara di jalan raya.

Menurut Kasat Lantas, safety riding atau safety driving merupakan perilaku pengemudi yang aman, yang dapat membantu untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas, yang di dalamnya merupakan dasar pelatihan berkendara dengan memperhatikan keselamatan bagi pengemudi dan penumpang.

"Melalui materi edukasi yang disampaikan, diharapkan disiplin dan tertib berlalu lintas bisa dicapai," ungkap pria yang akrab disapa Lucky.

"Kegiatan pelatihan safety driving dan sosialisasi etika berlalu lintas dapat mencegah para karyawan dari pelanggaran dan terjadinya kecelakaan di jalan raya", sambung perwira pertama Polri ini.

Oleh karena itu Kasat Lantas Polres Karawang mengarahkan Unit Kamsel Satlantas Bripka Syarif Hidayat beserta Briptu Rizal Budi Ramdani, untuk menyampaikan materi safety riding atau driving, dan mensosialisasikan etika berlalu lintas kepada karyawan.

Pasalnya, kegiatan edukasi ini menjadi sangat penting, mengingat masih sering dijumpai di jalan raya pengendara yang berlaku masa bodo terhadap aturan dan rambu lalu lintas, mengindahkan pengendara lain dan juga acuh terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Kenyataan tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi jajaran Satlantas Polres Karawang Polda Jabar untuk menyikapi dan mengingatkankan pengendara yang masih bandel.

Lucky meyakinkan, "Mengedukasi masyarakat haruslah dengan sikap humanis dan berbicara dari hati ke hati,"

"Kemudian menjelaskan sebab dan akibatnya jika ugal-ugalan di jalan raya atau tidak tertib berlalu lintas," sambung Kasat Lantas Polres Karawang.

Dengan begitu, Lucky melanjutkan, masyarakat akan mau mendengar apa yang disampaikan dan mau mengerti. Apalagi hal itu berguna buat kebaikan diri mereka sendiri.

"Semoga masyarakat akan lebih bisa merasakan kehadiran Polisi, yang membantu serta mengingatkan mereka," harap Kasat Lantas. (Js) 

BACA JUGA BERITA LAINNYA