Breaking News

Kepala Seksi BPBD kota Sukabumi Zulkarnain : Menyebut Harus Meningkatkan Prioritas Kerjasama Team Siap Siaga




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Badan penanggulangan bencana daerah kota Sukabumi, saat dikonfirmasi dikediaman kantornya. kepala seksi pencegahan dan kesiapsiagaan kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami.

Hal itu disampaikan oleh kepala seksi BPBD, kota Sukabumi, pencegahan dan kesiapsiagaan Zulkarnain Barhami,"kepada beritaekspos.com.jl.Letda T. Asmita no. 18,  kelurahan Gedongpanjang, kecamatan   Citamiang.

kepala seksi BPBD, kota Sukabumi, pencegahan dan kesiapsiagaan Zulkarnain Barhami, mengatakan, Yang dari program kita itu sebenarnya ada dua, yang pertama kita sebut sebagai program penunjang urusan penanggulangan bencana yang langsung bersentuhan dengan isu -isu strategis yang ada di kota Sukabumi," jumat (20/1/2023).

"itu adalah kaitannya dengan penanggulangan bencana, sesuai dengan sasaran -sasaran yang ingin kita capai, yaitu meningkatkan indeks kapasitas daerah terhadap penanggulangan bencana,"jelasnya.

Lanjut  Zulkarnain, Itu kita memiliki beberapa kegiatan-kegiatan yang menurut kita itu adalah kegiatan strategis dan prioritas, untuk meningkatkan kapasitas masyarakat, aparat, dan lembaga yang ada di pemerintahan. 

hal senada di ungkapkan Zulkarnain, diantaranya itu ada kita istilahnya itu bagaimana  meningkatkan kapasitas tim reaksi simpati yang ada di kota Sukabumi, karena tim reaksi cepat kita sudah bentuk, cuma karena di hadapkan oleh covid kita lebih fokus pada Satgas covid nya, nah sekarang kita ingin mencoba ada pengembangan kapasitas tim reaksi cepat tanggap.


Tim reaksi cepat itu kurang lebih ada lima puluh orang (50), selain kitu juga kita tetap menginikan kelurahan tangguh bencana, memprioritaskan untuk peningkatan kapasitas di daerah -daerah rawan dalam bentuk kelurahan tangguh bencana. 

Jadi kita mencoba untuk mentargetkan ada 13(tiga belas) kelurahan tangguh bencana, untuk tahun ini mungkin, sedangkan di tahun -tahun sebelum nya 2020 sampai 2022 itu kita sudah ada 17(tujuh belas)  , kita menginginkan kapasitas ataupun level nya, paling tidak menjadi kelurahan yang sifatnya madya, sebagian besar itu pratama ya, ungkapnya dia.

Sementara itu,  Zulkarnain, juga kita ada kegiatan untuk menguatkan kemitraan kita, dengan berbagai forum dan juga komunitas yang ada di kota Sukabumi, dengan penanggulangan resiko bencana, kemudian juga komunitas-komunitas yang peduli dengan bencana, jadi ini kita lakukan kemitraan, kita harapkan kerjasama untuk peningkatan kapasitas masyarakat yang ada di kota Sukabumi. 

Baik dalam bentuk pelatihan, dalam bentuk sosialisasi yang lainnya, untuk kita bisa perluas di wilayah kota Sukabumi. 

Kemudian itu ia menjelaskan, juga kita ingin meningkatkan, penguatan PUSDALOFF, (pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana), kita menginginkan adanya peningkatan dalam penggunaan pemanfaatan teknologi yang ada di penanggulangan bencana, dalam hal sistem peringatan dirinya, dalam komunikasi komunikasi kebencanaan nya, jika terjadi sebuah bencana yang ada di lapangan. 

Hal-hal yang lainnya itu juga ada seperti pelatihan, pencegahan nitigasi bencana, kemudian juga ada pemutakhiran ataupun pembaharuan terhadap warga yang tinggal di daerah rawan bencana, atau katakanlah pemetaan, kemudian juga ada rencana kita untuk menyusun dokumen rencana penanggulangan bencana yang ada di kota Sukabumi. 

Demikian barangkali beberapa yang menurut kami itu adalah sebuah program-program prioritas, program -program strategis, program-program unggulan yang harus kita laksanakan di tahun 2023 ini. 

Sambungnya Zulkarnain, Terkait dengan langganan jembatan Baros, atau jembatan Merah yang ada di Baros ini kita terus melakukan intensif, berhubungan dengan PSDA(pengelolaan sumber daya air) itu bagaimana sungai yang ada di jembatan Merah, termasuk juga sungai yang ada di sana warung kelapa namanya, itu bisa di lakukan nitigasi struktural. 

"paling tidak itu dia bisa di bangunkan jangan sampai terjadi longsor, atau jangan terjadi banjir seperti yang ada di daerah besar, kita masih tetap intens untuk melakukan upaya -upaya, itu bisa segera di perbaiki, supaya di benahi,tambahnya 

NL.

BACA JUGA BERITA LAINNYA