Breaking News

Walikota Sukabumi Hadiri MOU Kerjasama Pendidikan Ponpes Modern Al-FATH & New Era Institut Sydney Australia




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Pesantren Modern Dzikir Al-FATH  gelar sosialiasi dan MOU kerjasama pendidikan serta praktek kerja profesional Antara lembaga pendidikan Al-fath & new era institut Sydney, Australia,  dalam rangka implementasi kurikulum belajar merdeka, Sabtu ,24/9 Bertempat Diaula Ponpes Al-FATH. Kelurahan Karang tengah, kecamatan Gununggpuyuh.

Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi  dalam sambutannya menyampaikan, Alhamdulillah Dr. khaled Hammed Businnes development director,   bisa hadir di tengah -tengah kita, beserta pimpinan lembaga dari pondok pesantren  Modern dzikir Al-fath.

Salah satu permasalahan besar yang ada di wilayah kota Sukabumi, adalah terkait pengangguran dan beliau sampaikan, teknologi informasi beliau sampaikan juga terkait otomotif.

Menurut nya, beberapa hari yang lalu media menyampaikan sebelas ribu karyawan pabrik, di kota Sukabumi di rumahkan, sebelas ribu bayangkan "eta teh jelema kabeh nya ", kemarin sore saya baca sedih  operator Indosat  Ooredoo itu mempersilahkan karyawan nya untuk mengambil pensiun dini, karena mengalami penurunan drastis," ucap Kang Fahmi kepada beritaekspos com.

Lanjut Kang Fahmi,  Shopee itu sekarang luar biasa, kita menganggap nya tidak ada belanja online tidak ada orang yang kenal, perbelanjaan bisnis semuanya melalui Shopee, karena kita sedang mengalami perbelanjaan marketplace,"jelas Kang  Fahmi.

 Perusahaan Shopee menyatakan menuju ke kebangkrutan, " rewas dan saya kaget  jadi ekonomi belum baik-baik saja maksud saya. benar  kata pak kyai tadi, hidup santri bahagia lamun jadi santri, karena santri tidak di cetak,  santri tidak di didik, karena santri tidak di lahirkan untuk manjadi pegawai, tidak untuk menjadi employment(pekerja). 

Tetapi santri di didik untuk menjadi enterpreneur santri itu, multitasking santri itu, memiliki berbagai kemampuan, kalian di sini mempunyai kemampuan bahasa, punya kemampuan keagamaan, punya kemampuan beladiri itu multitasking nya santri. 

Jadi alhamdulillah saya bersyukur, ketika pak kyai beserta Abu Ahmad melaksanakan MOU, perjanjian kerjasama bersama santri Al-fath, Mudah-mudahan juga dapat kita perluas, bukan hanya di Al-fath saja ketika mereka melaksanakan pendidikan, mereka juga bisa melaksanakan pendidikan di New Era institut. Untuk kedepannya.

Beliau sampaikan New Era Institut Have Solution, punya solusi nya new era institut, jadi teman -teman sekalian, kurikulum merdeka Abu Ahmad aftet pandemi, we have new kurikulum, we couldn't independen, kurikulum merdeka adalah sebuah Kurikulum, yang mengajarkan bahwa belajar bukan hanya di sini saja, bisa di Indonesia bisa di Autralia dan bisa di berbagai tempat. 

Dan sekarang kita buktikan itu, jadi secara khusus saya sampaikan ucapan terimakasih kepada pak kyai, pak kyai alhamdulillah angka partisipasi murni pendidikan di kota Sukabumi ini masih masuk lima besar di Jawa Barat.

Ini menunjukkan dan saya yakin benar, salah satu penyumbang terbesar nya adalah dari Al-fath saya yakin, jadi alhamdulillah angka partisipasi murni kita masih lima besar di Jawa Barat. 

"Mudah-mudahan akan menjadi salah satu solusi, sebagaimana di sampaikan oleh Kyai tadi, bahwa santri ini nanti akan semakin bermartabat, karena santri memiliki berbagai keterampilan yang luar biasa, kita doakan kerjasama ini akan berlanjut dan melahirkan santri yang Amazing santri,"jelasnya.

Masih ditempat yang sama,Prof. KH.   Fajar Laksana Pimpinan Ponpes Dzikir Al-FATH menambahkan, Stemik dan lembaga pendidikan yang lainnya telah melakukan kerjasama, pertama adalah untuk Stemik Al-fath, dua tahun kuliah di Stemik Al-fath dua tahun bisa di New era institut, namanya pertukaran pelajar, dan itu pun karena di dorong oleh kurikulum baru, dimana para mahasiswa ini belajar yang aslinya empat tahun, dua tahun belajar di kelas, dua tahun belajar di luar kampus.

"Ketika belajar di luar kampus, diperbolehkan untuk menjalin kerjasama dengan yang lainnya, salah satu nya kita bekerjasama dengan New era institut, di situ akan mendapatkan sertifikat profesi keahlian dua tahun dan  itu setingkat dengan diploma," tuturnya.

Untuk lulusan dari SLTA  kami itu bisa langsung di Terima di New Era institut dan di sana langsung kerja, mungkin awal tahun saja mereka belajar sendiri, tapi setelah tahun kedua mereka bisa kerja di Australia karena di sana itu program nya kuliah dan  bisa sambil kerja,  hasil tadi bicara dengan pihak  development new era institut yaitu mr. Khaled, satu tahun membiayai kuliah di Australia itu dengan satu tahun  kerja itu dua  kali lipat melebihi apa yang di keluarkan nya. 

Dan banyak sudah yang bekerja di beberapa negara, karena mungkin  sertifikat internasional. Ini menjadi kerjasama yang baik untuk para santri dan kata siswa nya dengan kita. 

Supaya berbagi manfaat, maka Al-fath bisa juga menyalurkan ke yang lain, apabila lulusan  STTA nya mau kuliah di Australia, dan juga ingin magang, di sana juga ada dua minggu di Australia, dan ada juga kerjasama kaya SMK kan sekarang pake PKL, PKL kan minimal enam bulan di sana bisa satu tahun ambil sertifikat. Satu tahun sertifikat masak, satu tahun sertifikat perhotelan dan itu bisa di lakukan kerjasama di sana, sehingga di SMK tetap jalan satu tahun pergi ke Australia pulang ke sini mendapat sertifikat internasional sehingga lulusan di SMK kita bisa dabel, dapat ijazah di SMK dapat sertifikat diploma profesional. 

"Karena SMK kan harus PKL(praktek kerja lapangan), ketika PKL itu sekarang minimal enam bulan, bisa satu tahun kalau enam bulan satu tahun ini biasa -biasa saja buat apa, maka ke Australia di sana juga pendidikan dan magang praktek kerja,"tandasnya.

Ronald A
BACA JUGA BERITA LAINNYA