Breaking News

Ratusan Wartawan Ikuti Seminar Kejurnalistikan yang Diselenggarakan DPP INPERA



KARAWANG, beritaekspos.com - 
DEWAN Pimpinan Pusat (DPP) Insan Pers Nusantara (INPERA) dalam rangkaian memperingati hari jadinya yang pertama, menggelar acara seminar kejurnalistikan bertempat di Aula Husni Hamid Komplek Pemerintah Kabupaten Karawang pada hari Jumat (28/1/2022).

Seminar kejurnalistikan mengambil tema "Peran Media di Masa Pandemi Menuju Era Digitalisasi Yang Profesional dan Proporsional" dengan narasumber Asep Agustian, SH, MH Ketua Peradi Kabupaten Karawang dan AS. Maruli Sitorus, S.Pd, Alumni SJI Lulusan Angkatan I Provinsi Jawa Barat yang juga Wakil Ketua PWI Kabupaten Subang. Seminar dipandu oleh Ega Nugraha sebagai Moderator yang juga Ketua IWO Kabupaten Karawang.

Seminar Jurnalis dibuka oleh Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana yang diwakili oleh Asisten Daerah II Bidang Pembangunan, H. Ahmad Hidayat. 

Hadir dalam seminar tersebut Kepala Dinas Komunikasi dan Indormasi, Wahidin, SE, M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Wawan Setiawan yang diwakili Sekdin, Ketua Umum INPERA, Heri Widodo dan jajaran pengurus, Ketua Umum FORWABI, Arif, SH, para ketua organisasi profesi kewartawanan di Kabupaten Karawang lainnya diantaranya: SMSI, AJIB, IWO, MOI, MOI, IJP, Rampak, IJTI dan juga para Jurnalis dari Karawang, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi.

Ketua Umum DPP INPERA, Heri Widodo mengungkapkan, “Seminar Jurnalis ini dalam rangka hari jadi INPERA ke-1 dan memeriahkan Hari Pers Nasional pada 9 Februari 2022. Seminar ini adalah puncak acara HUT INPERA pertama yang sebelumnya telah mengadakan syukuran HUT dilanjutkan denganlaunching website faktanusantara.id, bhakti sosial. Semoga seminar ini bisa menambah wawasan dan bekal rekan-rekan jurnalis dalam menjalankan profesinya,” ungkap Heri.

Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana yang diwakili oleh Asda II, H. Ahmad Hidayat mengajak para jurnalis untuk saling bersinergi dengan pemerintah, sehingga dalam penyajian pemberitaan bisa berimbang. “Saya (Bupati Karawang-red) mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun INPERA ke-1 semoga sukses selalu,” ungkap H. Ahmad Hidayat membacakan sambutan dari Bupati Karawang.

AS. Maruli Sitorus, S.Pd dalam paparannya mengungkapkan, “Di masa pandemi yang berkepanjangan tentunya sangat berdampak kepada profesi jurnalis, semua pasti merasakan, tapi kita sebagai jurnalis tidak boleh patah semangat, harus mampu beradaptasi dalam situasi apapun tanpa keluar dari aturan dan kode etik wartawan," jelasnya.

“Selanjutnya profesional dan proporsional kita yang berprofesi sebagai jurnalis harus bisa memisahkan yang mana profesional dan yang mana proporsional itu juga penting buat para jurnalis dalam melaksanakan tugas profesi wartawan,” ungkap Maruli.

Acara seminar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dari audien para jurnalis yang mempertanyakan seputar kejurnalisan dan keberadaan organisasi, dasar-dasar hukumnya serta peran media di masa pandemi menuju era digitalisasi, yang semua dijawab secara bergantian oleh dua narasumber Maruli Sitorus dan Asep Agustian.

Pelaksanaan kegiatan Seminar kejurnalistikan berjalan aman dan lancar dengan tetap menggunakan Protokol Kesehatan (Protokes) guna pencegahan covid 19 yang belum berakhir. 


(red)


BACA JUGA BERITA LAINNYA