Breaking News

Petani Di Desa Cibatu Apresiasi Perbaikan Saluran Irigasi Oleh Dinas PU kabupaten Sukabumi.




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
PemKab Sukabumi Melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi, terus melaksanakan program pembangunan maupun perawatan saluran irigasi di lokasi pertanian.

Kali ini giliran saluran Daerah Irigasi (DI) Cibatu, Desa Cibatu Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Irigasi tersebut pada bulan agustus (2021) ini sedang dilaksanakan normalisasi perbaikan saluran.

Perbaikan irigasi ini dilakukan guna mendukung lancarnya aktivitas pertanian warga di desa Cibatu terlebih Desa Cibatu merupakan salah Satu Desa di kabupaten Sukabumi yang para petaninya sedang mengembangkan sistem pertanian tanam padi organik.


Ketua Gapoktan Sugih Mukti  Nasir Hidayat Kepada Berita Ekspos.Com Kamis (26/08/2021) Mengatakan, Perbaikan saluran irigasi tersebut sangat dibutuhkan Dan membantu untuk memperlancar distribusi air terhadap lahan sawah pertanian warga Desa Cibatu. 

"Kami mewakili masyarakat petani yang tergabung Dalam Gapoktan sugih mukti yang berada di Desa cibatu, mengucapkan terima kasih Kepada PemKab Sukabumi terutama Dinas PU yang telah memperhatikan keinginan masyarakat petani. 

Perbaikan saluran irigasi cibatu, tentunya sangat penting. dikarnakan Gapoktan sugih mukti saat ini sedang mengembangkan sistem pertanian organik dengan cakupan luasan lahan sudah mencapai 33 hektar dari 90 hektar lebih lahan pertanian sawah yang ada di Desa  cibatu ini."Ungkap Nasir. 

Normalisasi jaringan irigasi tersebut sangat dibutuhkan oleh para petani. Dan semua itu membantu para petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian dalam rangka menyukseskan program ketahanan pangan di kabupaten Sukabumi. 

“Kami bersama anggota kelompok tani dan  mitra cai terjun langsung ikut Bersama- sama merealisasikan program pembangunan tersebut supaya semua bisa berjalan lancar. Dan alhamdulillah untuk tahun ini jika dibandingkan tahun lalu pembangunan lebih baik. 

Pembangunan tersebut menurut Nasir, Sesuai dengan usulan dari mitra cai yang disampaikan Kepada pihak Dinas terkait  mengenai kendala sekala prioritas jaringan irigasi. 

Saluran irigasi ini mengaliri lahan sekitar 90 hektar lebih. Dan ini satu-satunya irigasi yang digunakan warga untuk mendapat sumber air pertanian dan kebutuhan lain nya.

"Dengan adanya perbaikan jaringan irigasi ini tentu sangat penting Dan benar-benar dibutuhkan para petani. Dan kedepan saya harap pemerintah senantiasa memperhatikan terus perbaikan infrastruktur pertanian di wilayah desa cibatu agar nantinya dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat."Pungkasnya.(Ade) 
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||