Breaking News

Pemerintah Desa Bagendit, Dukung Padepokan Penca Silat Pusaka Sancang Balebat Sebagai Icon Desa




GARUT, beritaekspos.com -
Pelaksanaan program tahunan padepokan pencak silat pusaka sancang balebat, melaksanakan kegiatan parade internal seni beladiri pencak silat berjumlah 70 peserta.

Acara tersebut selain program tahunan Padepokan, sekaligus dalam rangka memperingati HUT RI KE-76. Dalam acara kegiatan ini dikuti oleh 4 Desa antara lain Desa Bagendit, Desa Banyuresmi, Desa Cipicung, dan Desa Sukakarya, Sabtu, 28/08/2021. Pukul 23.00 Wib.


Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Bagendit Endang Omardani, SE, Anggota BPD Ustad Sumpena, ketua padepokan Deden Edi Juanda, sekretaris Enetep Zaki Hidayat, penasehat Endang Suganda, Babinsa Sertu Mahpudin, Babinkamtibmas Bripka Dudi Irawan, dan hadir pula Kepala Desa Dangdeur Giri Ginanjar.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut sebelumnya pihak pemerintah Desa menghimbau untuk tetap menjaga Protokol Kesehatan, turatama memakai masker, dan menyediakan alat pencuci tangan yang sudah disediakan pihak panitia, untuk tetap berjalanya kegiatan.

Kepala Desa Bagendit Endang Omardani SE, menyampaikan kami mendukung terhadap kegiatan yang dilakukan oleh pihak panitia pelaksana kegiatan parade internal seni beladiri, untuk tetap melestarikan budaya sunda untuk icon Desa Bagendit. Ungkapnya

Maka dari itu, Saya berharap kedepan padepokan penca silat citra pusaka sancang balebat yang digagas Kang Deden Juanda, bisa bersinergi dengan Pemuda karang taruna Desa Bagendit. Diharapkan padepokan ini bisa menjadi program berkelanjutan dan menjadi wisata budaya yang ada di Desa Bagendit. Ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Padepokan Deden Edi Juanda, kami mengucapan termakasih atas dukungan Kepala Desa Bagendit yang diberikan kepada Padepokan penca silat citra pusaka sancang balebat yang ada dikampung Rancapari, Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi.

Selanjutnya, Saya berharap terutama seni beladiri yang ada di Desa Bagendit ini, lebih meningkat, lebih maju dan lebih sukses. Begitu juga terhadap para peserta yang hari ini pentas harapan saya terutama anak didik dari pada citra pusaka, kedepannya makin eksis dalam seni budaya. 

"Aalah satu peserta murid Padepokan Sancang Balebat Agung sedang menampilkan Jurus Jengger Bali"

Ditambahkan pula oleh Entep Zaky Hidayat menerangkan berdirinya Padepokan ini pada tanggal 29 Oktober 2021. Mengenai filosofi Citra Padepokan Sancang Balebat, ini disebut Citra Pusaka, karena perguruan binaan sancang balebat, yang memiliki citra terakhir dari moto juara memiliki kebenaran dalam ucap, tekad dan lampah. Ujarnya

Selain itu sebenarnya padepokan pencak silat yang ada dikampung rancapari sudah ada pada jaman dahulunya, dan kegiatan penca silat ini pun bukan fokus di silat saja, tetapi untuk meningkatkan pengajian generasi muda, yang mulai terkikis budaya luar. Ujarnya.

Alhamdulillah waktu itu baru empat bulan berlatih, ternyata pada festival persamaan Bulan Pebruari 2020, sudah dapat medali emas 1 perak 2 dari ikatan pencak silat Indonesia (IPSI) sudah menjadi jurus internasional untuk prestasi. Pungkasnya.

(Beni)

|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||