Breaking News

Kepala Desa Binakarya, Inovasi Desa Wisata Pohon Anggur




GARUT, beritaekspos.com -
Demplot kawasan Desa wisata anggur bertempat di Rw 03, Kampung Ranca ucing Desa Binakarya, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, Senin, 02/07/2021. Pukul 13.00 WIB

Kepala Desa Binakarya Asep Zaenal Aripin menjelaskan
Demplot (kawasan percontohan penamaan anggur), atau tempat pembibitan anggur berdiri sejak Bulan Pebruari - Maret Tahun 2021, sebagai Icon Desa Wisata pohon anggur, sampai saat ini sudah ada 170 pohon anggur dari hasil budidaya. Ungkapnya

Dengan adanya demplot ini bertujuan untuk sarana memancing orang luar, berkunjung ke Desa Binakarya, karena kita juga berkeinginan mewujudkan Desa wisata bisa berkembang dan bisa terbangun .

Menurutnya didemplot ini terdapat beberapa jenis pohon anggur jenis, Wine ( jenis pohon anggur untuk diminum) yang dijadiin rostock, Table Grape (buah anggur segar layak konsumsi), Rostok (batang bawah atau pengkaraan langsung tanam).

Kita punya analisa bahwa anggur ini pertama kompetitornya masih langka ketika kita panen raya kita masih berkesempatan menikmati sampai lima tahun kedepan yang berbeda dengan produk lain, dan estimasi harga paling rendah anggur di kebun itu Rp.10.000/ kg.


Sementara ini untuk buah anggur sendiri belum berbuah, masih proses pemeliharaan, penanaman dan pengembangan, tetapi kalau untuk nilai jual pohon anggur itu sendiri ini sebenarnya sudah bisa dijual belikan.

Misalnya; Rostok (batang bawah) 100.000/kilogram, entres (batang muda) Rp.1000/ mata Tunas ,Cutting (batang tua, siap tanam semai) Rp.10.000/ batang ( 3 mata tunas) anggur jenis lawasan yang sudah terbukti berbuah genjah (subur), dan satu pohon bibit Rp.25.000 satu polibag.

Untuk tahun ini 2021 dicanangkan dengan Anggaran Dana Desa dalam rangka peningkatan percepatan ekonomi masyarakat melalui bidang pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Desa Binakarya akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 75.000.000,- gerakan menanam anggur dilahan tanah carik.

Selajutnya untuk tahap pertama di perkiraan akan di tanam 1000 pohon anggur ,dan selanjutnya diharapkan bisa menanam 10.000 pohon , untuk selanjutnya pengelolaannya akan di serahkan kepada bumdes , untuk pengoptimalan penyaluran penanaman anggur mengejar keinginan masyarakat supaya terealisasi. Ujarnya

Salah satu pegawai demplot Edi Hidayat, menambahkan mengenai pemeliharaan pohon anggur sangatlah mudah yaitu untuk penyiraman media tanam 2 hari sekali, penyiraman daun satu hari sekali, dan pemupukan satu mainggu satu kali pakai pupuk kandang dan pupuk AB-Mix.

Selain itu media penanaman pakai bahan sekam pengganti tanah guna merangsang akar, ruangan okseigen lebih luas, porositas media tanam (gembur) dan untuk menghindari dari busuk akar yang banyak menimbulkan kematian.

Mengenai pengunjung yang sudah datang antara lain UPT Pertanian dari Bayongbong, UPT Pertanian dari Samarang, UPT Pertanian Banyuresmi, pengunjung orang-orang dari Jakarta,  Bandung, dan dari Kabupaten Garut.

Sementara menurut Dede Sopian
bagi yang berminat boleh ke demplot pohon anggur, kami melayani penjualan pohon anggur, sekam bakar untuk media penanaman pohon anggur, dan sebagai Desa Wisata pohon anggur. Pungkasnya.

(Beni)
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||