Breaking News

Pemdes Sukamaju Gelar Sosialisasi Dan Pelatihan SDGs Kepada Kelompok Kerja Pendata.




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamaju Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, menggelar sosialisasi SDGs dan Pembentukan Kelompok Kerja Pendataan, yang digelar di Aula desa Sukamaju Senin, (07/06/2021).Dihadiri Kepala Desa, Pendamping desa, Jajaran lembaga desa, RT/RW  dan para relawan pendata.

Kepala Desa Sukamaju, Edika Anirmansyah Putra menyampaikan,Hari ini di desa Sukamaju melaksanakan sosialisasi dan pelatihan program Sustainable Development Goals (SDGs) Untuk petugas pendata yang terjun labgsung  ke masyarakat dalam melakukan pendataan. 

Di Desa Sukamaju para pendata di Utamakan RT dan RW, Karna kita merasa bahwasan nya RT dan  RW itu lebih mengetahui dan lebih dekat dengan warga sekitar nya. 

Teknis pelaksanaan pendataan nantinya 
Para ketua RT Akan mendata warga di masing-masing wilayah RT mereka, Setelah itu nanti diserahkan ke petugas pemutakhir data untuk di input ke dalam sistem. "Ujar Edika. Kepada Berita Ekspos. Com. 

Dia mengatakan, Sustainable Development Goals (SDGs). Merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021. 

SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan,Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,”Ucap nya. 

Merujuk Kepada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut. 

Sasaran tersebut antara lain desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat dan sejahtera, pendidikan desa berkualitas, desa berkesetaraan gender, desa layak air bersih dan sanitasi, desa yang berenergi bersih dan terbarukan, pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa, inovasi dan infrastruktur desa, desa tanpa kesenjangan, kawasan pemukiman desa berkelanjutan, 

Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, pengendalian dan perubahan iklim oleh desa, ekosistem laut desa, ekosistem daratan desa, desa damai dan berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan desa, kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Kami harap dalam pelaksanaan nanti, masyarakat bisa bersinergi memberikan deta yang sebenar-benarnya, Itu semua untuk membantu memudahkan para petugas pendata dalam mendapatkan data warga yang benar. Mudah-mudahan dalam pelaksanaan pendataan nanti bisa berjalan lancar dan konduaif, "Jelas nya

IS/De
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||