Breaking News

Guna Mengurangi Pencemaran Lingkungan, Pemdes Parakanlima Bersama masyarakat Bangun SPALD




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Pemerintah Desa Parakan Lima Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, Bersama warga kampung Cigarung Yang tergabung dalam kelompok swadaya masyarakat (KSM) melaksanakan pembangunan Sistem pengolah air limbah domestik (SPALD) Bantuan dari dinas perumahan Dan kawasan permukiman Kabupaten sukabumi Melalui kegiatan Dana Alokasi khusus (DAK) tahun anggaran (2021).

Kepala Desa Parakan Lima Mirwanda Yamami kepada berita ekspos. Com Mengatakan, Pembangunan Sistem pengelola air limbah domestik (SPALD) dikampung Cigarung direspon baik oleh masyarakat, mulai dari pengadaan lahan Dan juga pemanfaatan segala nya tidak Ada masalah Dan saat ini pembangunan (SPALD) baru mencapai 20 Persen. 

Dalam pelaksanaan pembangunan melibatkan unsur Lembaga desa LPM, Karang taruna, Dan kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang alhmdulillah antusias masyarakat dalam membantu pelaksanaan pembangunan SPAL Begitu antusias secara gotong royong."Ujar Mirwanda kepada berita ekspos. Com Senin (07/06/2021). 

Dia menuturkan, Pembangunan pengelolaan air limbah domestik bertujuan untuk meningkatkan layanan sanitasi masyarakat dan mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh air limbah domestik yang dibuang secara langsung ke sungai maupun tanah.

"Maka dengan Adanya pembangunan jaringan perpipaan diharapkan dapat mengurangi pencemaran air limbah domestik dari rumah tangga dan juga sember lain nya. Supaya terciptanya lingkungan sehat Dan bersih.

Sistem pengelolaannya dilakukan dengan cara mengalirkan air limbah dari rumah-rumah warga secara kolektif ke sub sistem pengolahan terpusat sebelum dibuang ke badan air permukaan.Air limbah yang terkumpul di septic tank disedot dan dialirkan melalui pipa ke jaringan limbah menuju stasiun pompa."Terang nya. 

Sementara itu sukarma warga RW 10 Cigarung menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan Bantuan pembangunan SPAL yang merupakan keinginan masyarakat selama ini. 

Dengan pembangunan SPAL ini masyarakat merasa terbantu untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang di sebabkan air limbah dari rumah tangga. Saya harap nantinya masyarakat tidak Ada lagi yang membuang air limbah sembarangan. Dan semoga kedepan dapat meningkatkan kesejahtraan masyarakat,"Pungkas nya. 

Ois/De
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||