Breaking News

Danramil 0708 Cikembar Bersama Jajaran Muspika, Dampingi Tim Verifikasi ODF Kabupaten Sukabumi Di Desa Bojong Raharja.




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Danramil 0708 Cikembar Kodim 0607 Kota Sukabumi, Kapten Inf, Cecep Toha Menghadiri  kegiatan Kunjungan Tim Verifikasi Open Defecation Free (ODF) Kabupaten Sukabumi di Desa Bojong Raharja Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Pada Rabu (16/06/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Jajaran Muspika ,Camat, Danramil, Kapolsek, Kepala Puskesmas, Aparatur pemerintah desa, kader posyandu dan tokoh masyarakat. 

Kapten Inf. Cecep Toha mengatakan, Hari ini Saya bersama pak Camat, Kapolsek, kepala puskesmas. Ikut Mendampingi Tim Verifikasi ODF kabupaten sukabumi, Mengunjungi desa Bojong Raharja untuk melihat langsung sejauh mana kesiapan dan antusias masyarakat dalam melaksanakan program ODF ini. 

"Saya lihat desa Bojong Raharja sudah siap dan bebas ODF, Perilaku buruk masyarakat untuk Buang Air Besar (BAB) sembarangan ,seperti nya di Desa Bojong Raharja sudah tidak nampak. 

Pihak koramil tentunya sangat mendukung adanya program ini, karna dengan adanya gerakan stop buang air besar sembarangan dapat menghilangkan budaya buruk masyarakat untuk buang air besar sembarangan seperti di kebun,sungai dan sebagainya,"Ucap Kapten Cecep Toha kepada berita ekspos. Com Rabu (16/06/2021).

Dia Menyebutkan,kebiasaan BAB sembarangan, Akan menimbulkan berbagai dampak, pencemaran lingkungan, munculnya berbagai sumber penyakit dan dapat menyebabkan adanya gangguan kesehatan.

Program ODF, atau stop buang air besar sembarangan ini sebenarnya untuk menciptakan supaya masyarakat hidup sehat dan mewujudkan desa sehat, Untuk  itu, Kepeada masyarakat upayakan cara hidup sehat dengan memiliki jamban sehat. 

"Verifikasi status bebas dari BABS (Buang Air Besar Sembarangan) Kata Kapten Cecep Toha, Penting untuk dilakukan dalam memastikan perubahan perilaku di masyarakat benar-benar terjadi dan berkelanjutan tidak sesaat pada deklarasi ODF saja, namun perubahan perilaku terjadi secara berkelanjutan,

"Saya menghimbau kepada masyarakat Stop BAB sembarangan, mari biasakan ber Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dengan Sukseskan dan laksanakan 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang Bersih dan sehat."Pungkas nya. 

IS/De
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||