Breaking News

"Pemdes Sukamulya Gelar Sosialisasi Dan Pelatihan Program SDGs Tahun 2021




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamulya Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, Melaksanakan sosialisasi dan pelatihan Sustainable Development Goals (SDGs) Kepada sejumlah petugas pendata SDGs Desa Sukamulya. Jumat,(28/05/2021).

Kegiatan Sosialisasi dihadiri pendamping Desa, Jajaran perangkat dan kelompok kerja (pokja) relawan pendata Desa dari kader pos yandu, "Ujar Sekertaris Desa Dian Sudian kepada berita ekspos. Com Jumat, (28/05/2021).

Menurut Dian, Setelah Sosialisasi Nantinya akan dilaksanakan sistem pendataan terkait SDGs itu dengan langsung terjun  kelapangangan bersama Pokja relawan pendata nya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (protkes) 

SDGs Desa adalah, Upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. "Tutur nya

Program SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.
Salah satunya untuk pemutakhiran  data pada level Desa, Rukun Tetangga, Keluarga, warga dan menganalisis sesuai kaidah SDGs Desa, merekomendasikan pembangunan desa pemberdayaan masyarakat sesuai analisis pendataan. 

Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor  13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut,

Saya harap kepada masyarakat Desa sukamulya untuk terlibat langsung memberikan Inpormasi sebenar benarnya. Mungkin nanti Ada petugas pendata yang terjun kelapangan, untuk mengambil data, sehingga tidak Ada penduduk yang terlewat data.

Dalam program SDGs ini kita Sudah berkordinasi dengan pihak  kabupaten, kecamatan, pendamping desa, dan tentunya dengan semua elemen masyarakat dalam rangka mensukseskan program ini."Pungkas nya.

OIS/ Ade
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||