Breaking News

*Kabupaten Garut Siap Laksanakan Pekan Olahraga Kabupaten 2021*





GARUT, beritaekspos.com – Bupati Garut, Rudy Gunawan membuka secara resmi kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Fave Hotel, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum’at (28/5/2021).

Bupati Rudy Gunawan menerangkan, sebelum menjadi tuan rumah Porda (Pekan Olahraga Daerah) 2022, Kabupaten Garut akan menggelar Porkab (Pekan Olahraga Kabupaten) yang akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang. “Karena KONI ini merupakan organisasi yang membina atlet-atlet maka Porkab ini menjadi bagian yang penting menuju ke Porda,” ucapnya.

Untuk Porkab sendiri, Pemerintah Kabupaten Garut sudah menyiapkan anggaran dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) untuk setiap kecamatan untuk mempersiapkan Porkab 2021 sebanyak 50 juta. “Tentunya dalam porkab ini kami sudah menyediakan anggaran dari kecamatan, jadi kecamatan juga tidak mempunyai sponsor yang sama misalnya Kecamatan Leles banyak sponsornya, Kecamatan Garut Kota banyak sponsornya, Tarogong Kaler banyak sponsornya tapi kalau daerah utara yang utara sekali, atau selatan yang selatan sekali sponsor dari masyarakatnya kurang. Tapi Kami menyediakan anggaran yang disediakan di APBD hanya 50 juta, semua untuk tiap kecamatan,” kata Rudy Gunawan.

Rudy Gunawan mengaku,  pihaknya siap menjadi tuan rumah dan akan mendukung penuh pelaksanaan Porda 2022. “Saya juga berharap, ini cabor-cabor ke depan ini kita bisa sedikit demi sedikit, melakukan langkah-langkah karena saya dua bulan yang lalu beserta Bapak Ketua KONI, kepala dinas itu dipanggil rapat diundang rapat oleh KONI Provinsi Jawa Barat untuk menjadi tuan rumah Porda 2022, saya sebagai Bupati Garut menyampaikan kesiapan dan dukungan penuh,” ujarnya.

Pada bagian lain bupati  menyinggung masalah penyempurnaan dari  sarana olahraga akuatik, salah satunya adalah Stadion Olahraga Kerkof yang merupakan amanat dari Bupati Garut yang ke-24 (Alm. Dede Satibi). “Saya berharap tahun depan kita akan mengagendakan kembali penyempurnaan dari akuatik, penyempurnaan daripada 2022 itu adalah stadion olahraga dan kita akan memperbaiki secara total. Ini adalah amanat dari Bupati Garut yang ke-24, bapak haji Dede Satibi (alm),” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut, Usep Basuki Eko mengatakan, kegiatan kali ini merupakan rapat yang membahas terkait pertanggungjawaban penggunaan dana serta rapat persiapan Porkab. “Sekarang itu kegiatan yang diselenggarakan hari ini oleh KONI adalah RAT ini yang diikuti oleh cabor-cabor baik yang sudah terdaftar maupun yang akan dikukuhkan cabor-cabor yang baru. Ini agendanya pertama pertanggungjawaban penggunaan uang, terus kedua ini penetapan untuk persiapan Porkab, jadi menentukan waktunya kapan dan jumlah cabor yang akan dipertandingkan juga atlet-atletnya,” ucapnya.

Kadispora berharap dengan adanya Porkab ini bisa melahirkan atlet yang berprestasi dan menjadi bahan evaluasi para atlet setelah melaksanakan beberapa latihan.
“Tentu saja harapan kita ini dalam penyelenggaraan Porkab ini akan supaya kita melahirkan atlet-atlet yang berprestasi ke depan, jadi dengan adanya pertandingan mereka tidak akan cukup pelatihan-pelatihan tanpa ditandingkan. Tentu saja ini adalah pertandingan itu yang akan dilaksanakan itu merupakan evaluasi bagi para atlet tentang hasil dari latihan selama ini,” tandasnya.

(Beni)
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||