Breaking News

"Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja BPD, Kecamatan Cikembar Gelar Bimtek




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemahaman dan peningkatan kapasitas BPD Tingkat kecamatan cikembar Kabupaten sukabumi tahun anggaran 2021.Yang dilaksanakan di aula kecamatan cikembar Jumat (28/05/2021). 

Bimbingan teknis (Bimtek) Tingkat kecamatan cikembar Merupakan kegiatan Sinergitas kepala seksi pemerintahan kecmatan cikembar Kabupaten sukabumi tahun anggaran 2021.

Kegiatan dihadiri Kepala Seksi (kasi)  Penataan Administrasi desa DPMD kabupaten sukabumi, kepala Seksi (kasi) pemerintahan kecamatan cikembar , ketua dan Sekretaris BPD se- Kecamatan cikembar. 

Kepala Seksi (Kasi) Penataan Administrasi Desa DPMD kabupaten Sukabumi, Hodan Firmansyah Mengatakan, Hari ini kami mewakili kepala dinas DPMD Memenuhi Undangan dari pihak kecamatan cikembar, yang mengadakan Kegiatan Bimtek sinergitas peningkatan kapasitas BPD dikecamatan cikembar. 

Bimbingan Teknis ini, guna memberikan Pemahaman dan peningkatan kapasitas kinerja tugas pokok dan fungsi.Ketua dan Sekretaris BPD dalam bidang manajemen pemerintahan desa, serta menyamakan persepsi dan pemahaman antara pemerintah daerah dan pemerintah desa tentang upaya pembangunan dan pemberdayaan di desa."Ujar Hodan. 

Dia mengatakan, Apresiasi yang sangat tinggi buat kecamatan cikembar dapat melaksanakan kegiatan ini semoga manfaat bisa meningkatkan kapasitas dalam melaksanakan tugas pokok dan pungsi sebagai BPD.dalam bermitra dengan kepala desa. 

"Secara garis besar peran BPD saat ini cukup bagus melaksanakan sebagai mana BPD itu mitra kepala desa dan peran nya membahas menyangkut rancangan peraturan desa (perdes). semua perdes yang Ada didesa dibahas dan disepakati oleh BPD."Jadi, keberadaan BPD itu sangat diperlukan untuk melahirkan prodak hukum yaitu perdes (peraturan desa)."Tutur nya. 

Dengan peningkatan kapasitas ini, kita mendorong BPD supaya lebih maksimal dengan tupoksinya sehingga dengan adanya bermitra antara kepala desa dan BPD otomatis akan tercipta hubungan yang harmonis berjalan dan menghargai tupoksi masing-masing dalam menjalankan roda pemrintahan."Jelas nya. 

Sementara itu kepala Seksi Pemerintahan kecamatan cikembar Awan Hermawan menuturkan, Hari ini kecamatan cikembar melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) pemahaman dan peningkatan kapasitas BPD se-kecamatan cikembar, Hal ini dilakukan sebagai bentuk sinergitas antara pemerintah daerah, kecamatan dan juga desa dalam rangka meningkatkan kinerja BPD kedepan. 

BPD memiliki fungsi yaitu menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama  dan melakukan pengawasan kinerja Dalam upaya meningkatkan kinerja kelembagaan di tingkat desa,"Ucap Awan. 

Awan Mengatakan, BPD harus lebih memperkuat kebersamaan serta meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, BPD memfasilitasi penyelenggaraan musyawarah desa untuk memusyawarahkan dan menyepakati hal yang bersifat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. "Pungkas nya. 

OIS/ Ade
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||