Breaking News

Petani Di Cilamaya Wetan Lega,Saluran Tersier Gebang Malang Di Normalisasi



Karawang, beritaekspos.com - Normalisasi irigasi tersier gebang malang di Desa Sukatani Kecamatan Cilamaya wetan, Kabupaten Karawang,Provinsi Jawa barat, kini sudah dirasakan manfaatnya oleh warga setempat. Terutama bagi para petani. Saat ini aliran sungai menjadi lebih lancar, karena bantaran tersier diperlebar.kamis 6/8/2020

Normalisasi saluran irigasi tersier gebang malang yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Karawang  disambut antusias petani. Mereka semringah, karena di normalisasi dan akan menunjang aliran air ke area sawahnya.

Salah satu petani setempat Tohar (42) mengatakan ke Beritaekspos.com," Normalisasi yang dilakukan Pemda Karawang melalui Dinas PUPR ,di sepanjang aliran tersier gebang malang sangat tepat. Karena tersier gebang malang merupakan salah satu sumber air bagi petani".

Dengan di normalisasi tersier gebang malang bisa kami gunakan secara optimal untuk pengolahan lahan pertanian kami,ujarnya.

Tohar melanjutkan, perbaikan saluran tersier gebang malang bisa dibilang menyeluruh. Mulai dari Kecamatan Banyusari, Cilamaya wetan, Cilamaya kulon dan beberapa Kecamatan lainnya.

“Kalau kondisi saluran sudah bagus, otomatis air akan mengalir lancar. Bukan hanya dapat dimanfaatkan oleh petani, tetapi juga warga,” ungkapnya.

Sementara pelaksana lapangan, sebut saja Dekok mengatakan, normalisasi saluran tersier gebang malang sangat berpengaruh pada ketersediaan air bagi petani di Cilamaya wetan,khusus nya di Desa Sukatani.

“Secara tidak langsung, pasokan air dapat terpenuhi secara optimal. Pengaruhnya bukan hanya sebatas lepas dari ancaman kekeringan, tetapi ini bisa meningkatkan hasil produksi padi,” jelasnya.

(Pri/Red)


|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||