Breaking News

*Keseruan Satgas Yonif 310/KK Bersama Anak Papua Terapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat*




KEEROM, beritaekspos.com ~ 
Peduli akan tumbuh kembang anak-anak diperbatasan RI-PNG untuk tetap menjaga kesehatannya, Pos Yabanda Satgas Yonif 310/KK ajak dan ajarkan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada anak-anak di Kampung Yabanda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (2/5/2024).


Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, kebersihan merupakan hal yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari segala macam penyakit yang rentan timbul setelah melaksanakan aktivitas sehari-hari. Ini salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh anak-anak. Karena mereka merupakan aset masa depan bangsa.

"Hari ini kita mengundang anak-anak kampung untuk datang ke Pos. Mereka kita ajarkan pentingnya menjaga kebersihan diri seperti cara mencuci tangan, menjaga kebersihan kuku dan mencukur rambut," ungkap Dansatgas.

Menurut Letkol Inf Andrik Fachrizal, anak di usia dini memiliki kemampuan belajar yang sangat cepat, di usia tersebut merupakan fase yang sangat penting untuk membentuk karakter yang baik bagi anak, dari situlah personil Satgas Yonif 310/KK mengedukasi dan menanamkan karakter pola hidup bersih sehat pada anak-anak perbatasan.

“Membentuk pola hidup sehat lebih mudah daripada mengubah perilaku hidup sehat, ” terang Dansatgas.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dipimpin Danki (Komandan Kompi), Lettu Inf Subhanudin dan diawaki langsung oleh Dokter Satgas, Lettu Ckm dr. Rizky A.P. Marpaung, lebih kurang 80 anak yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Menariknya, program edukasi ini dibuat seolah-olah sedang bermain. Diawal, anak-anak dikumpulkan menjadi satu setelah itu mereka dibagi menjadi tiga tim. Masing-masing tim menuju ke pos-pos yg sudah ditentukan, diantara pos cuci tangan, pos potong kuku dan pos cukur rambut. Tiap tim harus menuju semua pos yang sudah disediakan secara bergantian. Bagi tim yang selesai memasuki semua pos, maka mereka akan lebih dulu mendapat hadiah dari personil Satgas.

"Anak-anak sangat antusias, tampak raut kegembiraan di wajah mereka. Personil Satgas pun tak segan membantu anak-anak untuk memotong kuku dan mencukur rambut mereka," tambah Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Sementara itu, Martin Wafner (56) selaku Kepala Kampung Yabanda mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK atas kepedulian terhadap anak-anak dikampungnya untuk tetap mejaga kebersihan diri.

"Saya sangat senang melihat anak-anak kampung terlihat begitu gembira. Bapak TNI sudah baik hati ajarkan anak-anak disini untuk lebih sehat dengan mengajarkan kebersihan. Saya sangat bangga dan terhormat karena anak-anak mendapat saudara baru disini," tutur Martin.


Otentifikasi :Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.

BACA JUGA BERITA LAINNYA