Breaking News

SDN Situleutik Kabupaten Bogor Gelar Sanlat Upaya Penguatan Imam Dan Taqwa



BOGOR, beritaekspos.com - 
Pesantren Kilat (Sanlat) yang sering diadakan di sekolah saat Bulan Suci Ramadhan. Begitu juga SDN Cileutik yang menggelar Pesantren Kilat pada tanggal 11-14 April 2022 untuk para siswa kelas I-V. Bertempat di sekolah, pesantren kilat berlangsung lancar, rabu 3/4/2024.


Dengan rangkaian  acara pada pesantren kilat yaitu; 
1.melaksanakan sholat Dhuha 
2.tadarusan
3.tausyiah
4.tanya jawab

Kepala SDN Cileutik Kecamatan Darmaga Kab Bogor Sity Zenab S.pd mengatakan sanlat di  SDN Situleutik kecamatan Darmaga dilaksanakan dari tgl 26 Maret sampai dengan tgl 02 April 2024 allhamdulliah berjalan dengan lancar, sesuai arahan dari dinas pendidikan kabupaten Bogor," ungkapnya.

Pesantren kilat berasal dari dua susunan kata atau istilah, yakni pesantren dan kilat. Pesantren sendiri merupakan sebuah lembaga pendidikan keagamaan yang mengajarkan materi-materi berpedoman dari Al-Quran.

Sedangkan kilat bisa diartikan sebagai suatu aktivitas yang dilakukan dalam waktu yang singkat atau cepat. Jadi pesantren kilat adalah kegiatan keagamaan yang dilakukan secara singkat, dan dilakukan rutin di bulan ramadhan oleh lembaga pendidikan untuk memotivasi para peserta didik di lingkungan sekolah, dengan mengajarkan beberapa pelajaran penting. Kegiatan ini wajib untuk diikuti oleh seluruh peserta didik

Manfaat pesantren kilat di bulan Ramadhan  secara tidak langsung memberikan manfaat bagi para peserta didik ataupun para warga sekolah. Tujuan diadakannya kegiatan ini sendiri adalah agar menjadikan peserta didik lebih paham agama serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Penutupan  sanlat  SDN Situleutik mengadakan santunan bagi anak yatim-piatu,dhuafa, dimana kita memberikan pembelajaran  bagi anak anak untuk saling berbagi kepada sesama dan ini memberikan contoh kepada siswa siswi SDN Situleutik indahnya berbagi di bulan suci Ramadhan dan memberikan motifasi terhadap anak arti dalam bersodaqoh," tutupnya.

Awawit

BACA JUGA BERITA LAINNYA