Breaking News

Kepala Desa Sukamukti : Lembaga Keuangan Mikro Desa, Solusi Pinjaman Bagi Masyarakat Tanpa Bunga



GARUT, beritaekspos.com - 
Kepala Desa Sukamukti H. Dadan Hamdani, S.IP, selesai meresmikan Lembaga Keuangan Mikro Desa (LKMD) sebagai program simpan pinjam tanpa bunga. Bertempat di Kantor Desa Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Kamis, 04/04/2024.


Menurut Kepala Desa Sukamukti H. Dadan Hamdani, S.IP, Lembaga Keuangan Mikro Desa (LKMD) ini merupakan satu unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sebagai solusi bagi masyarakat yang memiliki usaha, ungkapnya 

Selain itu juga berawal dari pada kepetihatinan kami terhadap masyarakat yang terlilit oleh pinjam online (Pinjol) dan sejenisnya, sehingga di sini Pemerintah Desa perlu hadir untuk memberikan solusi bagi masyarakat Desa Sukamukti, imbuhnya.

"Kami berharap para nasabah bisa membayar sesuai dengan yang telah disepakati bersama, dan tepat waktu. Karena kami di sini ada beberapa uang investor yang harus kami kembalikan dan kami ingin mendapatkan kepercayaan lebih banyak lagi dari pada investor," tandasnya.

Dari sejak Bulan Desember 2023 Bumdes sendiri sudah mengeluarkan dana hampir 140 juta, untuk pinjaman secara fareatif mulai 1 juta, 5 juta sampai 10 juta, sehingga dapat membatu pelaku UMKM khusus warga masyarakat Desa Sukamukti, dalam hal permodalan, ujarnya.

Ditempat yang sama Ketua BUMDES Mukti Mekar Mandiri Hendra Firdaus, SE. Mengatakan BUMDES Mukti Mekar sendiri membidangi usaha di bidang Lembaga Keuangan Mikro Desa (LKMD) tanpa bunga, ucapnya.

Selain itu usaha di bidang parawisata, internet desa 2 Th, sewa sound system outdoor event organizer, pengadaan sembako, pengadaan budaya sunda sanggar seni waditra mukti, dan direncanakan kedepan akan ada pengadaan BRI Link, ungkapnya.

Hal senada disampaikan ketua LKMD Linda Hanipa, menjelaskan memang banyak sekali kondisi masyarakat yang pertama membutuhkan dana untuk penambahan modal usaha, kedua ada juga beberapa warga yang terlilit pinjaman yang berbunga sehingga Pemerintah Desa memberikan solusi untuk mendirikan LKMD berbasis pinjaman tapi tanpa bunga, ucapnya.

Alhamdulillah setelah pendirian LKMD antusias dari masyarakat sangat tinggi, sampai hari ini sudah 92 Nasabah, sehingga di harapakan semua masyarakat membuka mindset mereka tidak meminjam ke lembaga yang berbunga, apalagi yang setiap hari setorannya itu menambah beban kepada masyarakat, jelasnya 

Hingga saat ini Alhamdulillah pembayarannya pun lancar, karena meyakini bahwa ketika mereka lancar dalam pembayarannya, nanti akan berkelanjutan ditambah lagi modal usahanya tidak hanya satu juta, imbuhnya 

Mudah-mudahan Dana yang sudah disalurkan melalui LKMD ini semuanya benar-benar dipakai usaha sehingga menambah pendapatan masyarakat, selain itu juga dengan adanya LKMD ini menjadi salah satu lembaga pembiayaan yang eksis di Desa Sukamukti yang terus berkelanjutan dan memberikan keberkahan. Pungkasnya

Jurnalis : (Beni)

BACA JUGA BERITA LAINNYA