Breaking News

Kepala Desa Binakarya Asep Zaenal Aripin, Realisasikan Program Ketahanan Pangan untuk Ternak Domba



GARUT, beritaekspos.com - 
Ternak Domba Racadadap merupakan progam ketahanan pangan dari Dana Desa Tahun Anggaran 2022-2023, hingga hari ini peternakan terurus tubuh berkembang, baik untuk hewan potong maupun kambing perah. Betempat di Desa Binakarya, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Selasa, 24 April 2024.

Kepala Desa Binakarya Asep Zaenal Aripin saat ditemui awak media mengatakan, proses dalam beternak domba, baik domba potong maupun untuk kambing perah, sebenarnya pengurusannya tidaklah mudah, banyak proses tahapan yang harus ditekuni, ungkapnya.

Selain itu rintangan lain saat kemarau ada kesulitan bahan pakan yang dapat menimbulkan hewan sakit, bahkan ada juga yang mati, begitu juga kendala SDM sistem kekompakan pengurus kelompok ternak, masih tahap pembelajaran karena sebagian masih urbanisasi ke luar kota pasca Covid-19, imbuhnya.

"Alhamdulillah Tahun 2022 membeli 17 ekor, dan Tahun 2023 membeli 25 ekor untuk indukan, ke depan ternak domba harus tetep berjalan, diharapkan para kelompok ternak untuk lebih konsentrasi lagi dalam pengurusannya, sehingga kelompok ternak Dusun lain dapat menerima manfaatnya dalam program ketahanan pangan 2023," ujarnya.

Maka dari itu mengenai majunya ternak domba ini, ada dalam kesiapan kelompok itu sendiri, yang diharapkan agar berkelanjutan sesuai komitmen bersama, tandasnya.

Lanjut Asep Zaenal Aripin untuk diketahui bersama sesuai hasil musyawarah Desa untuk program ketahanan pangan 2024, Pemerintah Desa Binakarya kedepan lebih konsentrasi terhadap pembangunan infrastruktur jalan pertanian, dan infrastuktur jalan Desa yang dapat menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pungkasnya 

Jurnalis : (Beni)

BACA JUGA BERITA LAINNYA