Breaking News

Puncak Harganas 2023, Kabupaten Garut Raih Penghargaan Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat




PANGANDARAN, beritaekspos.com - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat mengumumkan penerima penghargaan pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana) kepada sejumlah kabupaten kota yang memiliki kinerja terbaik. 

"Penyerahan dilakukan Selasa malam, 25 Juli 2023, di Hotel Horison Padma Pangandaran, sehari menjelang puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang dipusatkan di Alun-alun Paamprokan Pangandaran pada Rabu, 26 Juli 2023.

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Fazar Supriadi Sentosa menyebutkan, penghargaan yang diberikan merupakan bentuk apresiasi atas kinerja terbaik, terutama program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting (PPS) di Jawa Barat.

Saat ini Jawa Barat sudah berhasil menurunkan prevalensi stunting menjadi 20,2 persen. Angka ini tentu menjadi rata-rata untuk Jawa Barat, ada yang masih di atas 20 persen dan ada yang sudah berhasil di bawah 20 persen. Ada yang sudah 16 persen, 14 persen, dan seterusnya.

Terdapat beberapa kategori, ditambah penghargaan untuk Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten/Kota yang diprakarsai Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jawa Barat.

Ditempat yang sama Kordinator KB Syahrul Zabir S.Ag, M.M, Sesuai dengan Perpres 72 Tahun 2021 percepatan penurunan angka stunting, dengan adanya program Kampung KB yang disebut dengan Kampung keluarga berkualitas itu memiliki peran yang sangat strategis untuk menurunkan angka stunting, ungkapnya.

"Sesuai Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting yang holistik, integratif, dan berkualitas melalui koordinasi, sinergi, dan sinkronisasi di antara pemangku kepentingan. Perpres ini merupakan pengganti Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan perbaikan Gizi" Ujarnya 

Lanjut Syahrul untuk di ketahui bersama bahwa dalam kegiatan
Harganas 2023 Alhamdulillah Kabupaten Garut itu memberikan kontribusi angka penurunan stunting yang sangat signifikan, sehingga pada kesempatan itu pun Kabupaten Garut mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jawa Barat.

"Adapun yang meraih penghargaan Kampung KB raih juara tingkat Provinsi Jawa Barat, di terima oleh kampung KB Kecamatan Kadungora," jelasnya 

Hal senada disampaikan H. Agus usai menghadiri Harganas 2023 tersebut, tim BKKBN kabupaten Garut, ada 90 anggota yang ikut hadir, dengan kehadiran kami merupakan bentuk dukungan karena Pemkab Garut meraih penghargaan tingkat Provinsi Jawa Barat. 

Dalam hal ini, Kami mengucapkan terimakasih kepada Bupati Garut (Bapak Dr. H. Rudy Gunawan S.H., M.H., MP.,) atas dukungan terhadap tim BKKBN yang melibatkan beberapa kecamatan untuk hadir di acara puncak Harganas 2023. Pungkasnya

Jurnalis : (Beni)
BACA JUGA BERITA LAINNYA