Breaking News

Wakil Bupati Sukabumi Hadiri Panen Raya Cabai Hijau Keriting Dan Cabai Besar Di Ponpes Al- Hikmah Al- Mahfudziyah




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri hadiri panen raya  cabai di
Pondok Pesantren Ponpes Al-Hikmah Al-Mahfudziyah yg beralamat di kampung sela erih Desa sela AWI Kabupaten Sukabumi
merupakan  Binaan Kantor Bank Indonesia (KP BI) Provinsi Jawa Barat, melakukan panen perdana cabai hijau keriting dan cabai hijau besar, rabu 7/3/2023.

Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri mengatakan hari ini panen raya cabai keriting  hijau dan  cabai besar program pangsi kerja sama dengan Bank Indonesia  provinsi Jabar Alhamdulillah hasilnya sangat bagus dan ini jawaban dari pemerintah daerah kab. Sukabumi kalaborasi dengan pemerintah provinsi Jabar dengan Bank Indonesia.

Jadi Bank Indonesia punya Pangsi pemerintah Jawa barat punya OPOP dan Kab Sukabumi punya santri Santripreuneur, dan tiga kegiatan senergi berkalaborasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Alhamdulillah pangsi hadir di Sukabumi dan hari ini penen Raya Cabai untuk yg pertama kalinya  nampak nya sangat bagus, terlihat dari kualitas cabai darmais dan akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat  terutama di lingkungan Ponpes kampung selaerih," ucapnya.

 Direktur Eksekutif Perwakilan BI Jawa Barat, Bambang Pramono mengatakan, Panen cabe di Ponpes Al Hikmah Sukaraja ini, merupakan program penguatan ekonomi serta ketahanan pangan terintegrasi di Jabar,selain ketahanan pangan, juga untuk mencegah stunting yang menjadi perhatian kita, Sehingga jumlah penderita stunting bisa berkurang," tuturnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, untuk di wilayah Sukabumi ada 11 pondok pesantren yang dibantu oleh Bank Indonesia Jawa Barat,  Sementara, untuk lahan pertanian cabai di wilayah Ponpes Al-Hikmah  mereka kenakan cabai seluas 0,5 hektare. "

"Insyaallah Kedepannya,  berharap bisa buat cabai olahan. Bahkan, bisa dikombinasikan dengan olahan ikan. Dalam hal ini, sangat bagus untuk program stunting seperti yang dikatakan oleh Pak Wakil Bupati.

Hal senada juga disampaikan oleh , Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hikmah Al-Mahfudziyah, Asep Saepul Alam, pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi serta  kepada Bank Indonesia Jabar yang sudah membantu para santri dan warga Kab Sukabumi, dalam penanganan ekosistem pertanian. 

"Alhamdulillah, ponpes kita diberikan kepercayaan dalam program ini, dengan tujuan untuk membantu pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan," jelasnya.

Kedepannya berharap pondok pesantren bisa lebih mandiri terutama dalam sektor perekonomian. Untuk itu, di ponpes Al - Hikmah  tidak hanya melakukan  penanaman cabai saja. Ada budidaya ikan air tawar Seperti ikan nila, ikan koi dan lainnya, pokoknya diponpes ini, harus menjadi santri siap pakai dan mereka bukan hanya belajar ngaji kitab saja. Tetapi, mereka juga dididik soal berwirausaha. Sehingga pada saat pulang ke rumahnya, mereka tidak aka kaget mereka siap menjalankan kehidupannya dengan baik. 

" Santri di ponpes Al - Hikmah untuk belajar memanam cabai, sehingga suatu saat pulang ke rumah nanti mereka sudah dibekali ilmu yang mumpuni.  begitu pulang kerumah, jika ada lahan. mereka siap untuk memanfaatkannya lahan tersebut," pungkas Asep Saepul Alam Pimpinan Pondok Pesantren Al- Hikmah KH Al-Hikmah Al-Mahfudziyah.

OIS

BACA JUGA BERITA LAINNYA