Breaking News

Pemerintah Desa Pacing Gelar Istighosah Serta Helaran Budaya Hajat Bumi

 



KARAWANG, beritaekspos.com -  Pemerintahan Desa Pacing Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang gelar istigosah serta helaran budaya hajat bumi, Sabtu (17/12/2022). 



Digelarnya acara budaya hajat bumi dilaksanakan setiap tahunnya sebagai rasa syukur terhadap hasil panen raya baik padi dan palawija.


Menurut Wawan Zaelani Kepala Desa Pacing bahwa digelarnya hajat bumi sebagai rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rejeki pertanian subur makmur. Makanya hajat bumi sebagai symbol rasa terima kasih pada sang pencipta.

"Hajat bumi digelar setiap tahunnya sebagai bentuk dan rasa terima kasih pada sang pencipta yakni Allah SWT atas rejeki yang berlimpah hasil pertanian setiap tahunnya,

Selain hajat bumi kata Kades Wawan, dilaksanakan juga serta istigosah doa bersama. yang melibatkan kaum ibu-ibu, tokoh masyarakat dan Majlis Ta’lim.

Wawan juga menambahkan, mengadakan kirab budaya yaitu ngarak Nyi Pohaci.

“Karena Nyi Pohaci ini yang menjalankan kita punya tenaga cahaya bagi segenap manusia, itulah sebagai syariat dan syababiahnya,”tuturnya.

Selain itu, dalam gelaran budaya hajat bumi itu ditampilkan pagelaran seni topeng dan benda-benda kuno warisan budaya luluhur seperti alat membajak sawah, parutan kelapa dan benda kuno lainnya yang dipakai nenek moyang kita.

(Egi) 

BACA JUGA BERITA LAINNYA