Breaking News

GTK Disdikbud Kota Sukabumi Gelar Kegiatan Peningkatan Mutu dan Kompetensi Guru Pembelajaran Berdiferensiasi





SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Menurut Kepala Bidang Guru dan Tenaga Pendidikan (GTK), Disdikbud Kota Sukabumi  Ery Yuanawati  menjelaskan,berdiferensiasi adalah  pembelajaranyang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut. 


Pembelajaran "berdiferensiasi tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tapi juga fokus pada proses dan konten/materi.

Lanjut dia Tujuan kegiatan ini untuk Peningkatan Mutu dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi serta untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas Guru di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi dalam menghadapi pembelajaran berparadigma baru, Guru diharapkan dapat menggunakan berbagai pendekatan belajar sehingga sebagian besar murid menemukan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka,"ungkapnya.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Guru memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap murid mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama. 

Dia juga menambahkan Dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi guru perlu memikirkan tindakan yang masuk akal yang nantinya akan diambil, karena pembelajaran berdiferensiasi tidak berarti pembelajaran dengan memberikan perlakuan atau tindakan yang berbeda untuk setiap murid, maupun pembelajaran yang membedakan antara murid yang pintar dengan yang kurang pintar
," tuturnya.

Adapun tujuan kegiatan ini menurut nya yg pertama untuk
 Meningkatkan pengetahuan guru tentang pembelajaran berdiferensiasi, Menjelaskan tentang Pembelajaran Berdiferensiasi,
adanya strategi dalam membuat konten pembelajaran dalam memenuhi kebutuhan belajar setiap murid.

Sedangkan untuk peserta Kegiatan   untuk peningkatan Mutu dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi sebanyak 60 orang terdiri dari Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja  (P3K) satuan pendidikan  SD dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi.

Hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Kota Sukabumi selaku Bunda Literasi Kota Sukabumi;
Widyaiswara Balai Besar Guru Penggerak (BBGP)," tutupnya.

OIS
BACA JUGA BERITA LAINNYA