Breaking News

Ketahanan Pangan Kab. Sukabumi Evaluasi Lahan Pekarangan Agar Lebih Bermanfaat





SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Dinas ketahanan pangan kabupaten Sukabumi gelar rapat evaluasi kegiatan optimalisasi lahan pekarangan. Sebagai sumber keluarga.kegiatan pekarangan lestari dana alokasi khusus non fisik (DAK NF), tahap pengembangan tahun 2022, di Aula Ketahanan pangan Kab.Sukabumi  jln Ciangsana.Kec. Cikembar Kab. Sukabumi 

Dra. Nany Juli janti  Kepala Bidang diversifikasi dan ketahanan masyarakat mengatakan, pekarangan adalah sebidang tanah darat yang terletak langsung disekitar rumah tinggal dan jelas batas-batas nya, karena letak nya disekitar rumah, maka pekarangan merupakan lahan yang. mudah untuk diusahakan oleh seluruh anggota keluarga dengan memanfaatkan waktu luang yang tersedia. Saya sekarang langsung  untuk mengevaluasi semua kegiatan pengelolan pembiayaan dan resiko (P2R),dan untuk kelompok P2R ada enam kelompok untuk acara evaluasi ini,"ucapnya kepada beritaekspos.com.

Acara kegiatan ini di Hadiri  Kelompok Gamelan pak Uji pendampingnya,  Ibu Narti dari Cicurug, kelompok mawar dari Purabaya.potensi pengembangan tanaman sebaiknya disesuaikan dengan kesesuaian komoditi dengan daerah yang bersangkutan.

Sambung Nany Juli janti, Nanti saya akan usahakan lagi dan akan  tinjau lagi lahan pekarangan ibu-ibu, bagaimana membudayakan cocok tanam, seperti bayam cacim, nantinya bisa diolah menjadi bahan makanan sesuai kebutuhan bisa menjadikan ekonomi bersama. perkembangannya nanam dan  bagaimana perkembangan nya.

Pertanian akan  menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan, dengan bertani, anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar tak kalah dengan usaha di bidang lainnya.

Namun untuk anda yang ingin mendapatkan keuntungan lebih cepat, tanaman di pekarangan mengurus nya harus telaten. Dan anda bisa membudidayakan tanaman yang cepat panen.

Dalam melakukan budidaya tanaman itu sendiri dibutuhkan pemilihan bibit yang berkualitas, penanaman, pemelihara, hingga akhirnya tiba saatnya panen ditempat pekarangan sendiri.

Jadikan lah evaluasi ini sebagai motivasi  bagaimana orang lain bisa masa kita tidak bisa dan mudah mudahan akan menjadi lebih baik lagi,"tutupnya.

Ronald Alexsander

BACA JUGA BERITA LAINNYA