Breaking News

Kabid SDA,DPUTR Kota Sukabumi "Warga yang Kena Longsor dan Banjir Kita Siap Memfasilitasi



SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Dinas PUTR  saat dikonfirmasi  mengenai ekstrimnya cuaca musim hujan Kepala Bidang SDA (sumber daya air) DPUTR Kota Sukabumi, Cecep Rapih S. P.M.S.I Yang sudah beres ya setidaknya kegiatan -kegiatan yang di SDA(sumber daya air) sekarang menghadapi musim hujan , kita lagi pendataan yang kena longsor, mudah -mudahan  ada penanganan secepatnya mengenai anggaran nya kita akan coba usulkan di anggaran BTT (belanja tidak terduga )di tahun 2022, Senin (19/09/2022).

Kepala Bidang SDA (sumber daya air) DPUTR Kota Sukabumi, Cecep Rapih S. P.M.S.I mengatakan, Jadi maksudnya kan sekarang dengan cuaca ekstrim, semua kita sudah pendataan, karena ada laporan -laporan yang dari kelurahan, kecamatan dan warga yang longsor, yang irigasi nya macet atau gimana  itu yang kita coba serta lainnya,"terangnya kepada beritakspos com.

"Kita lagi pendataan ke lapangan, dan insyaallah kita usulkan di anggaran bencana tahun ini. Baru masuk ke kita itu kurang lebih ada sepuluh titik yang baru masuk, laporan perbaikan drainase, cuman kita lagi di hitung oleh konsultan. 

Ada drainase ada sungai, kita coba kita ke lapangan kita ke konsultan kita hitung, setelah terkumpul kita usulkan ke pemda buat penanganan nya melalui anggaran bencana, intinya itu mudah-mudahan bisa cepat di realisasikan terkait Ini bersamaan cuaca sekarang.

Kita juga lagi mencoba pendataan -pendataan irigasi, yang di kita itu kurang lebih ada dua puluh, kita kerjasama dengan bidang aset dengan BPN,"singkatnya Cecep Rapih.

Lebih lanjutnya Cecep Rapih, jadi lahan -lahan irigasi ke depan nya itu akan di sertifikat kan, jadi memang ke depan itu program kita akan sertifikat lahan -lahan irigasi yang ada di kota sukabumi, termasuk juga kita mulai membenahi juga sungai yang ada di kota Sukabumi khususnya, sungai Cipelang memang itu setelah kita lihat cukup potensi untuk wisata air, untuk Kota Sukabumi kota kecil sejuta cinta kata pak Walikota,"bebernya.

Jadi dengan Cipelang Herang, termasuk juga dari pihak swasta nya saya lihat, di sana sudah ada arum jeram, termasuk yang ada di jenderal Taufik, kita coba dari atas nya kita benahin, mudah -mudah-mudahan ada tambahan wisata di kota Sukabumi pihak dputr kota Sukabumi sangat mendukung demi kepentingan masyarakat umum.

Dijelaskannya menurut Kepala Bidang Cecep Rapih, karena memang kota Sukabumi itu kota jasa, oleh sebab itu saya khususnya kepala bidang SDA (sumber daya air) akan membuat gerakan perubahan supaya sungai itu bukan hanya untuk penampungan air, juga bisa bermanfaat buat wisata air, dan  termasuk juga, kita sedang pendataan irigasi -irigasi yang potensi untuk nanam ikan. Kita siap untuk kolaborasi untuk memajukan kota Sukabumi,"tambahannya.

Kita akan kerja sama dengan BBAT(balai besar perikanan air tawar)  lihat potensi -potensi mana yang bisa  irigasi di kasih ikan buat tambahan masyarakat, kita banyak contoh yang di Jawa di sana, apalagi kita punya BBAT ya, bisa koordinasi dan berkolaborasi dengan baik.

"SDA (sumber daya air) juga punya personil kurang lebih, delapan penjaga pintu air jadi memang, kegiatan di PTS itu penjaga pintu air, tiap seminggu dua kali itu hari selasa dan hari Kamis itu, normalisasi sungai irigasi yang ada di Sukabumi, untuk mencegah terjadinya banjir, saat ini kita punya pasukan dan juga walaupun ada warga ada masyarakat yang kena longsor dan banjir, kita siap membantu memfasilitasi yang ada di SDA  ( sumber daya air),"Ungkap Kepala Bidang SDA (sumber daya air) DPUTR Kota Sukabumi, Cecep Rapih S. P.M.S.I,"tutupnya. 

Ronald A

BACA JUGA BERITA LAINNYA