Breaking News

Kepsek MAN 1 H.Badru Taman "Haram Hanya Gara Gara Tidak Bayar SPP Anak Tidak Ikut Ujian




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
niKomite Sekolah Madrasah Aliyah Negeri MAN 1. Kota Sukabumi, menggelar rapat komite bersama orang tua/wali kelas X dan kelas XI tahun pelajaran 2022-2023.

Kepala sekolah MAN 1 Drs. H. Badru Tamam, M.Pd. mengatakan, Dalam rapat ini, Menyampaikan bahwa komite MAN menyampaikan, peraturan menteri Agama no 16 tahun 2020 bahwa komite berhak menggalang atau punya keleluasaan penyampaian hukum untuk menggalang dana kepada siapa saja masyarakat yang ingin mendukung sekolah ini termasuk orang tua murid," ungkapnya kepada beritaekspos.com Kamis 23/06/2022.

"Tapi dengan satu kriteria harus melalui rapat seperti ini, keluhan - keluhan yang sering di keluhkan oleh orang tua itu, kebanyakan memang dari golongan yang tidak mampu, tapi kami juga sudah melakukan antisipasi sudah melakukan segmentasi seberapa persen mereka, sehingga akhirnya kami dan komite bisa melaksanakan itu,"kata dia.

Lanjut Drs. H. Badru Tamam, ada satu hal yang harus saya tegaskan kepada komite dan kepada teman -teman guru, bahwa tidak boleh ada satu orang pun siswa yang tidak ikut ujian, tidak ikut ulangan, hanya gara -gara karena belum membayar SPP atau keuangan lainya, itu haram hukumnya di MAN,"jelas dia.

Sehingga seperti kemarin yang tidak mengikuti PAT, saya suruh wali kelas telusuri jejak dimana orang itu, akhirnya kalau memang sakit tidak bisa di paksakan untuk membayar iuran dipihak kami tidak ada unsur pemaksaan. dan Kita bisa bantu mereka,"ucap Badru.

Badru,juga menambahkan ketika ada salah satu Siswa yang tidak mempunyai ongkos, kami sudah menyedikan jemputan, kalau untuk kegiatan - kegiatn yang urgen semacam ujian dan yang lainnya disekolah MAN 1.

Yang kedua, "haram hukumnya di Madrasah ini kalau ada siswa yang berhenti hanya karena gara - gara tidak membayar SPP atau keuangan yang lain, haram bagi saya. Itu bisa saya bantu untuk diringankan," ungkap Badru.

Masih menurut dia kami mencoba menggulirkan itu kembali tahun ini, kemungkinan hanya 100, kami hanya ingin menyampaikan program karena roda kegiatan harus berjalan terus kepada murid - murid MAN 1.

Jadi 2 hal itu kunci bagi kami, untuk melayani masyarakat kota sukabumi melalui MAN 1 jadi haram hukumnya ada yang berhenti hanya gara - gara tidak ada biaya. 

Jadi kalau ada yang berhenti dari sekolah ini, kemungkinan karena ada yang menikah, atau ada yang pindah, kemungkinan hal - hal seperti itu. 

Dari sisi akademik dulu ya, hari ini kami sudah bekerjasama dengan primagama untuk mempus siswa -siswi kita, supaya belajar nya lebih hebat, dan bersaing di perguruan tinggi negri. 

Dari sisi ekstrakurikuler kami selalu membuka ruang, pada semua siswa yang punya potensi apapun, untuk selalu melaksanakan dan mengikuti kegiatan-kegiatan turnamen, sebab itu merupakan jadi jam terbang mereka di event-event yang lebih tinggi. 

Hampir semuanya escool di MAN ada, diantaranya ada pencak silat, volly dan lain-lain, pokoknya ada 18 cabang escool. 

"Untuk volly Bal tingkat kabupaten Alhamdulillah MAN 1. juara 1 untuk putra -Puteri pada bulan Maret 2022.yang baru lalu."

Anak yang tidak mampu kan sudah ada KIP, dari pemerintah pusat, kami hanya memberikan dispensasi, biasanya harus ada KIP dan yang lainnya sesuai aturan pemerintah," tuturnya.

 Ronald

BACA JUGA BERITA LAINNYA