Breaking News

SEKDA KAB.SUKABUMI HADIRI SEWINDU UNDANG UNDANG DESA DI KASEPUHAN CIPTA GELAR KAB.SUKABUMI




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Sekretaris Daerah (Sekda) Ade Suryaman, menghadiri peringatan sewindu atau delapan tahun lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang  digelar di kasepuhan Cipta Gelar Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, Sabtu (15/01/2022).

Kemendes PDTT menggelar peringatan Sewindu lahirnya UU Desa dengan tema ” Percaya Desa, Desa Bisa”. Kegiatan ini juga dihadiri pejabat tinggi pratama di lingkungan Kemendes PDTT dan jajaran perangkat daerah Kabupaten Sukabumi.

Menurut Menteri, telah terbukti bahwa desa tangguh dan mampu menjadi pilar ekonomi nasional dalam kondisi pandemi Covid-19 dua tahun terakhir.


”Ketahanan ekonomi desa selama pandemi salah satunya ditunjang dengan adanya dana desa yang dari tahun ke tahun terus meningkat. Dana desa ini menjadi penopang utama APBDes,” kata Dr. Halim Iskandar selaku Menteri Desa PDTT.

Ia melanjutkan, sudah saatnya kepercayaan terhadap Desa harus ditingkatkan oleh seluruh pemangku kepentingan stakeholder yang ada, mengingat dari tahun ke tahun performa desa dalam mengelola dana desa maupun program kerja kian meningkat.

Ia menegaskan, jika data desa berbasis SDGs Desa telah rampung maka akan menjadi titik tolak percepatan pembangunan desa.

”Nantinya, data SDGs Desa ini akan dijadikan sebagai instrumen bagi semua pihak agar urusan data bisa langsung tanya ke desa. Data SDGs Desa akan jadi pintu masuk untuk semuanya yang membutuhkan data,” tegasnya.

Sekda menyampaikan rasa bangganya, karena Menteri Desa PDTT dalam beberapa hari dapat menyatu dengan kehidupan masyarakat di kasepuhan Cipta Gelar sehingga dapat merasakan langsung kehidupan keseharian menjadi warga desa.

”Mudah mudahan pengalaman tersebut menjadi kesan yang indah, sehingga dapat meningkatkan hubungan yang lebih erat antara Kementerian Desa PDTT dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi,” pungkasnya.

Usep SR(obetz)
BACA JUGA BERITA LAINNYA