Breaking News

Penjelasan Kasi PMD Banyuresmi, Kedatangan BPKP Provinsi Jawa Barat




GARUT, beritaekspos.com - 
Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kasi PMD) Kecamatan Banyuresmi Azis Dahyar Mulyana, S. Sos, menjelaskan "Kedatangan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Provinsi Jawa Barat ke Kecamatan Banyuresmi dan Kecamatan Cilawu dalam rangka meningkatkan kualitas kemampuan perangkat Desa agar tidak terjadi kesalahan dalam memahami Sistem Keuangan Desa (Sikudes).

Menurutnya untuk Kecamatan Banyuresmi ada dua Desa yang dikunjungi oleh BPKP provinsi Jawa Barat, antara lain Desa Banyuresmi dan Desa Sukalaksana, tetapi diikuti pula oleh Desa Pamekarsari dan Desa Sukamukti yang tergolong Desa maju dan menuju Desa Mandir. Kamis, 04/11/2021

Selanjutnya mengenai dari hasil kegiatan BPKP itu sendiri terhadap dua Desa, yang pokok pembinaan terhadap perangkat Desa, Alhamdulillah semua dapat dipahami oleh perangkat Desa mengenai tata kelola keuangan Desa dengan sistem Siskudes, dan keterbukaan informasi untuk masyarakat umum.

Adapaun yang dibina antara lain Sektaris dan Bendahara, dengan tujuan kedepan agar aplikasi Siskudes dapat dipergunakan dengan baik dan berbagai kegiatan dapat terakses dengan mudah.

Saya berharap kedepan BPKP Provinsi Jawa Barat, agar dapat memberikan pembinaan terhadap seluruh Desa karena dengan adanya pandemi Covid-19, banyak penyesuaian dengan peraturan baru, sehingga semua anggaran Dana Desa dalam pengunananya selalu berubah-berubah, sehingga Pemerintah Desa banyak memiliki kehawatiran terkait dalam hal penggunan anggaran.

Saya menegaskan kedatangan BPKP dari Provinsi Jawa Barat merupakan sebuah penghormatan untuk kecamatan Banyuresmi dan para Kepala Desa, karena kedatangan BPKP itu sendiri bukan untuk pemeriksaan, tetapi untuk memberikan pembinaan.

selain itu untuk diketahui bersama bawah dari hasil pengawasan, dan pembina BPKP Provinsi Jawa Barat, untuk ditingkat Kecamatan Banyuresmi Alhamdulillah tidak ditemukan adanya penyelewengan anggaran Dana Desa, maka setelah adanya pembinaan tadi, untuk Pemerintah Desa terkait pemahaman aplikasi Siskudes untuk dijalankan dengan baik, dan 
Profesional. Pungkasnya

"Saat dikonfirmasi salah satu tim BPKP Provinsi Jawa Barat, terkait hasil BPKP terhadap Desa Sukalaksana, dan Desa Pamekarsari, dan Desa lain yang ada di kecamatan Banyuresmi, tadi hasilnya sudah disampaikan kepada pak Kasi PMD Saya kira cukup" Ujarnya.

(Beni)

BACA JUGA BERITA LAINNYA