Breaking News

REHAB IRIGASI CIPELANG KADULAWANG KOTA SUKABUMI SELESAI DIKERJAKAN




SUKABUMI KOTA, beritaekspos.com - Saluran Irigasi Cipelang yang berlokasi  di Wilayah RW 01 Kadulawang, Kelurahan Cipanengah , Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi telah rampung dikerjakan.

Saluran irigasi, dengan panjang  kurang lebih 40 Meter  diperbaiki  untuk pemasangan batu muka, peninggian saluran Irigasi , pengerukan Sungai dan juga pemasangan pintu air Irigasi di Hulu untuk mengatur debit air yang akan masuk ke saluran irigasi.

Pengerjaan perbaikan irigasi  yang dimulai pada hari  Sabtu, (11/09/2021 ) bersumber dari APBD dengan anggaran sebesar Rp 23.261.000,- 

Adapun Pemeliharaan irigasi yang kerjakan  CV.Leo Ferdinand  merupakan Rekanan dari Dinas PUPR Kota Sukabumi yang sebelumnya telah mendapatkan Surat Perintah Kerja ( SPK ) dalam pengerjaannya.

Hendra Sofyan Jo warga kadulawang sekaligus pokdakan sauyunan mengatakan. Insya Allah Kami akan menata dan merawat lingkungan sekitar saluran irigasi dan menjaga pemeliharaannya dan akan ditata sedemikian rupa untuk dapat dimanfaatkan  warga sekitar selain untuk pengairan , dan  ini bisa digunakan untuk duduk dipinggiran Kolam Pokdakan dan Sungai nantinya,"ujarnya, kepada Berita Expos.


Dinding Saluran Irigasi yang mempunyai lebar 30 Cm ini dapat digunakan untuk duduk dan sebelumnya akan dilakukan Pengecatan dahulu agar lebih rapi dan terlihat bercahaya , Indah dan Nyaman ditambah  dengan Tanaman Bunga yang berada di sekelilingnya.

Walaupun dengan Anggaran yang minim sebesar Rp. 23.000.000,- an  namun semua itu dapat direalisasikan hanya untuk disekitar Saluran Irigasi sekitar Pokdakan saja.

" Kita berharap saluran Irigasi ini dapat  dilakukan Normalisasi sungai lebih luas lagi karena bukan saja Potensi Air di wilayah ini cukup baik tetapi dengan Anggaran yang memadai dapat memberikan Pembangunan yang lebih Maksimal untuk dijadikan Sarana Obyek Wisata Ikan dan Wisata Tubbing  nantinya.

"Kami sebagai warga dan Pengurus di Pokdakan Sauyunan ini  sudah melakukan apa yang seharusnya dilakukan,  selain menata lingkungan hingga manjadikan lahan yang tidak terurus dapat diberdayagunakan, dan menghasilkan, ini dilakukan untuk kepentingan Warga masyarakat sekitar bukan untuk kepentingan pribadi namun sayang tidak di maksimalkan oleh Pemimpin di Wilayah, disaat warga ingin berinovasi,untuk meningkatkan kesehjah traan.

Pokdakan Sauyunan  merupakan Kelompok Warga yang ingin menambah penghasilan dan kesejahteraan dari usaha bidang Perikanan, tentunya dengan pembangunan yang merata, dan untuk pembangunan di suatu wilayah tidak akan berhasil bila tidak adanya Kolaborasi dan Sinergitas antara Warga Masyarakat dan  Pemerintah,"kata Hendra.

Ditempat terpisah Kabid SDA DinasDPUTR Kota Sukabumi Cecep Rapih mengatakan .Dengan terlaksananya perbaikan irigasi yang ada di kadulawang, harapan  dari bidang SDA supaya daerah di sana termasuk juga Pokdakan sauyunan itu bisa berkembang,"ujarnya kepada berita expos rabu (22/9/202).

"Karena memang dulu Pokdakan sauyunan itu ,di bentuk waktu saya jadi Kabid perikanan jadi saya ada beban moral ,beban tanggung jawab supaya Pokdakan sauyunan lebih maju ,dengan saya pindah ke PU bidang irigasi Kita akan benahi irigasinya supaya aliran irigasi nya buat kolam -kolam tercukupi,"pungkasnya.

 (Ronald A)
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||