Breaking News

IDUL ADHA1442 H- 2021 M RSUD R SYAMSUDIN SH.KOTA SUKABUMI LAKUKAN PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN SEBANYAK 19 SAPI DAN 3 EKOR KAMBING,





Sukabumi, beritaekspos.com ,- Hari Idul Adha 1442 H - 2021 M merupakan puncak dari ibadah haji yang mana mestinya dirayakan oleh umat seluruh dunia, hari raya ini bisa disebut juga dengan idul qurban, Rumah Sakit Daerah (RSUD) R Syamsudin SH melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 19 ekor sapi dan tiga ekor kambing yang akan dibagikan kepada 5.825 penerima di lapangan RSUD R Syamsudin SH di Cikole, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (21/7/2021).


Panitia pelaksana penyelenggaran pemotohan hewan kurban yang diketuai oleh Rohman SH yang juga Wakil Direktur Umum dan Keuangan di RSUD R Syamsudin SH diperbantukan 106 orang yang terdiri dari pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Ikhwan dan karyawan rumah sakit.


dr Bahrul Anwar Ketua DKM Al-Ikhwan sekaligus Direktur RSUD R Syamsudin SH mengatakan bahwa kegiatan pemotongan hewan kurban yang dilaksanakan di Masjid Al-Ikhwan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun perayaan Hari Raya Idul Adha.

“Pelaksanaan pembagian daging kurban ini dapat terlaksana berkat dukungan seluruh jamaah (karyawan/ti RSUD R Syamsudin SH) sebagai wujud kepedulian sosial rumah sakit khususnya kepada masyarakat sekitar dan umumnya masyarakat Kota maupun Kabupaten Sukabumi yang membutuhkan,” ungkapnya.

Menurutnya, pelaksanaan ibadah kurban tahun 2021 ini diikuti oleh karyawan dan karyawati mulai dari direktur, pejabat struktural, para dokter, bidan, perawat, dan unit kerja lainya, dengan jumlah 136 mudhohi (orang yang berkurban).

“Dari jumlah mudhohi tahun ini menghadirkan 19 ekor sapi dan tiga ekor kambing dengan rata- rata daging bersih 115 kg tiap satu ekor sapi, dengan menghasilkan 5.825 bungkus paket daging sapi, per satu bungkus paket daging sapi 5 ons,” jelasnya.

dr Bahrul Anwar juga menjelaskan bahwa 5.825 bungkus paket daging sapi tersebut akan dibagikan ke berbagai lapisan masyarakat yang tersebar di wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi, seperti:

1). 395 bungkus kepada orang di lingkungan mudhohi;

2). 2.045 bungkus kepada karyawan/karyawati termasuk outsourcing, petugas kebersihan, taman dan rumah sakit;

3). 170 bungkus kepada anggota majelis taklim, santri TPQ dan pembimbingnya;

4). 717 bungkus kepada masyarakat sekitar rumah sakit yang terdiri dari RT/RW, pedagang, ojeg, supir angkot dan lainya;

5). 1.200 bungkus kepada masyarakat yang ada di yayasan pendidikan, panti asuhan, panti jompo, yayasan anak yatim piatu, serta umumnya masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi;

6). 128 bungkus diberikan kepada anggota LSM dan media serta aparat pemerintah, koramil, babinsa, polsek dan karang taruna Cikole Kota Sukabumi;

7). 808 bungkus kepada mustahik di sekitar lingkungan panitia kurban;

8). 365 bungkus diberikan kepada masyarakat sekitar panitia kurban.

“Mengingat pelaksanaan kurban tabun ini masih di masa pandemi Covid-19, pelaksanaan pembagian daging kurban kepada karyawan/karyawati maupun masyarakat pantia telah melakukan prokes Covid-19 yang ketat. Selain itu, penyembelihan hewan kurban diawasi oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi,” ungkapnya.

“Alhamdulilah secara garis besar pelaksanaan kurban tahun ini berjalan dengan lancar, tertib dan aman, berkat kerjasama pendukung serta pantia kegiatan ini kurban yang telah mencurahkan pikiran dan waktu serta tenaga hingga acara ini berjalan lancar sesuai harapan,” pungkasnya. (wan.skj)   
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||