Breaking News

*TP. PKK Banyuresmi, Hj. Tinlatina Safrinawati, S,Sos. M.Si Targetkan Tiap Desa Memiliki PAUD Holistik dan Ciri Khas Kuliner*





GARUT, beritaekspos.com - 
Tim penggerak PKK Kabupaten Garut, melaksanaan pembinaan terhadap Tim penggerak PKK Kecamatan Banyuresmi, dan tim Penggerak PKK 11 Kecamatan yang diselenggarakan di Desa Sukamukti Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, Senin, 03/05/2021.

Turut hadir dalam acara tersebut;
Hj.Tinlatina Safrinawati, S, Sos. M.Si Ketua PKK Kecamaatan Banyuresmi, Lina Erlina Ketua PKK Kecamatan Singajaya, Rista Haerani Ketua PKK Kecamatan Banjarwangi, Nur Aida Ketua PKK Kecamatan Samarang, SL.Salwah Ketua PKK Kecamatan Pasirwangi, Ratna Tatang Ketua PKK Kecamatan Sukaresmi, Suliani Ketua PKK Kecamatan Kadungora, Ai Nurdiansyah Ketua PKK Kecamatan Cisurupan, Hj. Yuyun Yaya Ketua PKK Kecamatan Leles, Yani Riyana Ketua PKK Kecamatan Peundey, dan Rostisyah ketua PKK Kecamatan Cihurip.

Ketua Tim penggerak PKK Kecamatan Banyuresmi Hj. Tinlatina Safrinawati, S.Sos, M.Si, menyapaikan, "Pelaksanaan pembinaan tim penggerak PKK Kabupaten Garut, dilaksanakan setiap bulan sekali secara bergantian, sementara ini dilaksanakan di Desa Sukamukti yang terkenal banyak potensi, ungkapnya.

Selanjutnya pembinaan ini dilaksanakan secara bergantian bertujuan untuk bersilaturahmi, menimba ilmu, dan memparkanalkan potensi di daerah masing-masing di tiap Kecamatan" maka dari itu untuk dikecamatan Banyuresmi sendiri, akan merealisasikan dan mentargetkan adanya PAUD Holistik, dan untuk memperkenalkan ciri khas kuliner masing-masing Desa di Kecamatan Banyuresmi, tuturnya.

Menurutnya arti dari PAUD Holistik itu sendiri, yaitu pendidikan anak usia dini yang terintegrasi antara pendidikan dan kesehatan, sehingga diharapkan anak-anak usia dini yang ada di Kecamatan Banyuremi harus berkualitas dari segi pendidikan, dan kesehatan lingkungan anaknya.

Selain itu PAUD Holistik itu sama dengan posyandu multifungsi, di PAUD Holistik, yang menjadi sasarannya bukan hanya anak didik, tetapi orang tua anak juga diberikan pembinaan. Misalnya tahapan perkembangan anak, pengolahan makanan keluarga yang bergizi, seimbang, dan aman, imbuhnya

Begitu juga program lain yang bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga, melalui pembinaan bagaimana bisa membantu ekonomi keluarga dengan mengembangkan potensi yang ada, dan juga memanfaatkan halaman rumah yang ditanami tanaman keluarga, warung hidup, toga, sehingga diharapkan bisa meningkatkan ekonomi keluarga, ujarnya.

Lebih lanjut Saya mengingatkan bagaimana orang tua terhadap anak, bisa memberikan asupan makanan, bukan hanya jajanan yang sembarangan, tetapi memberikan makanan yang berkualitas. Begitu juga orang tua harus dapat memahami pendidikan usia dini itu, sebenarnya untuk mengajarkan anak-anak agar bisa beradaptasi, dan bisa bersosialisasi dengan lingkungan, tandasnya.

Untuk mengakhiri Kami menambahkan target lain dari kegiatan pembinaan tim PKK Kecamatan Banyuresmi, juga pengembangan dan memperkenalkan untuk TP PKK 11 Kecamatan yang ikut hadir, serta TP PKK Kabupaten Garut, bahwa TP PKK Kecamatan Banyuresmi memiliki Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) produk kuliner tiap-tiap Desa. 

Adapun produk kuliner Desa tersebut antara lain; "Nila bedah lauk letik, Nila anom produk Desa Sukamukti, dodol variasi geulis, abon nineung rasa, ulen, daging ayam sewit, pindang presto, naget ayam, produk Desa Pamekarsari, dan kue-kue lebaran produksi Desa Banyuresmi. Pungkasnya.

(Beni)
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||