Breaking News

WISATA SITU DEWA DEWI CIPIIT, TINGKATKAN TARAP EKONOMI MASYARAKAT




SUKABUMI, beritakspos.com - 
Untuk Mendongkrak pertumbuhan ekonomi, Masyarakat Di desa tanjung sari Terus berupaya mengembangkan potensi wisata alam situ dewa dewi cipiit  yang terletak di kawasan perhutani Di kampung Rawa seel.desa tanjung sari kecamatan jampang tengah kabupaten sukabumi. 

Wisata situ dewa dewi cipiit, mulai di tata dan dikembangkan sejak tahun 2018, "Saat ini keberadaan tempat wisata tersebut telah menjadi wisata paporit  yang sangat diminati oleh masyarakat di kabupaten sukabumi. 

Penataan wisata situ dewa dewi cipiit dilakukan oleh warga  yang tergabung dalam wadah lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) bekerja sama dengan pihak Perhutani dan juga pemerintahan desa, Tak henti melakukan penataan dengan membangun spot dan sarana prasarana di area lokasi wisata. minggu (28/2/2020).

Menurut Asisten Perhutani (Asper) Karyana. mengatakan, keberadaan wisata situ dewa dewi cipiit yang berada di tengah hutan pinus milik Perhutani dalam pengelolaan nya melibatkan masyarakat, yang alhamdulilah pengembangan wisata ini cukup signifikan, dari hari-kehari pengunjung atau wisatawan yang datang semakin meningkat. 

Dalam situasi pandemi covid-19 ini,pihak pengelola sudah menerapkan disiplin protokol kesehatan (protkes) bagi para pengunjung agar mematuhi anjuran pemerintah melaksanakan 5M.sesuai intruksi pimpinan kami, bahwa setiap pengunjung yang datang ke wisata ini harus senantiasa patuh terhadap (protkes). "Ucap Karyana. 

Ia menambahkan, Pihak Perhutani tentunya akan terus mendorong upaya pengembangan wisata situ dewa dewi cipiit ini,"Dan kami pun akan menjalin kerja sama dengan masyarakat dan pemerintah dalam pengelolaan supaya kedepan wisata ini bisa maju dan menjadi aicon destinasi di kabupaten sukabumi. 

"Harapan kami kedepan masyarakat bisa merawat dan menjaga tempat wisata ini untuk tetap menjaga lingkungan nya supaya tetap asri, lestari, dan mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi pengelola khususnya masyarakat sekitar hutan, dengan adanya wisata ini dapat meningkatkan tarap ekonomi masyarakat." Papar nya. 

Sementara itu ketua pengelola Ade sopiyan dalam paparanya mengatakan,"Kami dan warga yang tergabung dalam lembaga masyarakat desa hutan (LMBH), saat ini tengah berbenah,Dengan terus menata dan mempercantik kawasan situ dewa dewi cipiit, supaya menarik wisatawan agar dapat berkunjung dan menikmati keindahan panorama alam yang ada di kawasan ini.

Sejak di buka nya wisata situ dewa dewi cipiit masyarakat sangat antusias, Mereka tak henti semangat menata dari setiap sektor dengan tetap menjaga keasrian dan lingkungan kawasan yang bersih sehingga tempat wisata ini tetap terjaga dengan mengedepankan kan kearipan budaya lokal. 

Sektor pariwisata merupakan lokomotif perekonomian warga yang berada di sekitar wisata, maka keberadaan wisata situ dewa dewi cipiit  sangat berperan aktif dalam percepatan peningkatan perkonomian warga yang didukung dengan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Dalam rangka  terwujudnya kesejahteraan masyarakat,"Pungkas nya. 

(Ois /Ade)

|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||