Breaking News

Kepala Desa Binakarya Kunjungi KWT Mekarmewangi Untuk Melaksanakan Program Desa Wisata Anggur Banyuresmi Garut Jawa Barat





GARUT, beritaekspos.com - Kepala Desa Binakarya Asep Jaenal Aripin mengunjungi Kelompok Wanita Tani Mekarmewangi untuk melaksanakan program Desa Wisata Anggur bertempat di kampung waruga RT.02/06 Desa Binakarya kecamatan Banyuresmi Garut Jawa Barat, Selasa 27/10/2020.

Alhamdulillah Saya begitu terharu antusias dan bangga karena beberapa minggu ke belakang terlihat keinginan daripada ibu-ibu semua seolah-olah ada harapan yang memang tertunda, terpendam maka pada hari ini sebagai pertemuan lanjutan saya mengapresiasi apa yang menjadi tujuan ibu-ibu. Pertama untuk mengisi waktu luang di masa pandemi covid-19 di mana kegiatan ini diharapkan pertam untuk selalu menjaga kesehatan dengan aktivitas yang bermanfaat. Kedua ada beberapa harapan yang memang ingin adanya sebuah perubahan yang minimal untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat masing-masing keluarga,. Ucapnya

Untuk membantu KWT Mekarmewangi ini langkah-langkah yang akan kita lakukan yaitu terutama anggaran menyangkut regulasi ketentuan-ketentuan dalam pemberdayaan peningkatan ekonomi masyarakat, mungkin untuk tahun ini kita masih menghitung kekuatan anggaran. Saya juga berharap kegiatan KWT ini dibantu atau ditopang oleh anggaran yang memang harus seharusnya didapatkan oleh kelompok tersebut dengan sinkronisasi tujuan desa itu sendiri,

Kami sedang merancang Desa Binakarya ini menjadi Desa Wisata anggur dimana produk unggulan yang kita sedang ciptakan berupa tanaman anggur. Alhamdulillah setelah mendapatkan informasi, edukasi tentang anggur, ibu-ibu lebih giat lebih bersemangat untuk menanamnya, dengan harapan kedepan KWT  Mekarmewangi dengan kegiatannya dapat menambah penghasilan keluarganya masing-masing dengan pendek kata sang suami juga ikut dibantu meringankan beban ekonomi keluarga. Tuturnya.

Sekertaris KWT Mekarmewangi Siti Rohimah menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok wanita tani (KWT) merupakan kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk menanam di dalam polybag di rumah masing-masing dengan tujuan untuk program ketahanan pangan, juga untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari, seperti menanam sayur-sayuran yang bisa cepat kita panen, ataupun menanam tanaman anggur yang dapat bisa menghasilkan uang untuk membantu meringankan beban keluarga terutama dimasa pandemi Covid-19 ini.

KWT Mekarmewangi ini diresmikan kembali' pada tanggal 12/10/2020, dimaana selam satu tahun tidak aktif, untuk saat ini KWT baru beranggotakan 35 Aggota, harapannya kegiatan KWT itu bukan hanya menanam tapi ada pengolahan hasil panen, mudah-mudahan kedepannya kita bisa mendapatkan sarana dan prasarana dari dinas pertanian untuk memotivasi kami supaya lebih maju lagi, Ujarnya.

PPL Desa Binakarya Ir. Neneng Tini Hartini menyampaikan langkah-langkah kongkrit yang dilakukan  sesuai tugas PPL yaitu memberikan penyuluhan kepada kelompok KWT dengan cara penyuluhan mulai dari menanam, untuk budi daya tanam, penanggulangan hama, penyembuhan tanaman dan bagaimana memberikan memotivasi ibu-ibu juga untuk bisa maju.

Selain itu Kami telah mengajukan program untuk kemajuan KWT.  Kami berharap KWT ini setelah pertemuan ini bisa menjalankan sesuai rencana, melaksanakan program ketahanan pangan keluarga, sehingga semua yang diinginkan oleh ibu-ibu supaya bisa tercapai dengan hasil kerja ibu sendiri, walaupun tetap di rumah hasil panennya selain bisa dikonsumsi bisa juga dijual, Pungkasnya.

(Beni)

|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||