Breaking News

Tingkatkan PAD, Samsat Gunung Kencana Sosialisasikan Bayar Pajak



LEBAK, BERITAEKSPOS.COM - Penanggung Jawab Gerai Samsat Gunung Kencana Agus Firmansyah mengajak masyarakat yang tinggal di tiga (3) Kecamatan yakni, Kecamatan Cileles, Cirinten dan Kecamatan Gunung Kencana agar membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tepat waktu. Pasalnya kata Agus, masyarakat hanya tinggal membawa persyaratan e-KTP dan STNK asli.

"Sekarang masyarakat cukup membawa e-KTP dan STNK. Mereka tidak perlu membawa kendaraan bermotor. Selain itu, untuk proses waktunya hanya membutuhkan lima (5) menit."kata Agus Firmansyah kepada awak media, Sabtu, (12/9/ 2020) di Gunung Kencana.

Dijelaskan Agus, pihaknya bersama Muspika Kecamatan dan aparat penegak hukum sedang focus melakukan sosialisasi agar masyarakat mempunyai kesadaran dalam membayar PKB dengan tepat waktu. Kata Agus hal itu, dillakukan demi Peningkatan PAD provinsi dari pembyaran pajak kendaraan bermotor untuk membangun banten yg lebih sejahtera dan berkontribusi terhadap pembangunan di kabupaten Lebak

"Sebenarnya adanya Gerai Samsat di Gunung Kencana efektif, jadi masyarakat yang berasa di Wilayah Selatan tidak perlu lagi ke Rangkasbitung karena sudah ada di sini. Selain itu, kita juga tak hanya melayani warga Lebak, tapi juga melayani masyarakat Kabupaten Cilegon, Serang, Tanggerang dan Pandeglang yang mempunyai plat nomor kendaraan A."tegas Agus.

Di tempat bersamaan, Brigadir Kasnadi mengajak semua pihak baik itu muspika, aparat dan masyarakat agar ikut mensosialisasikan keberadaan Gerai Samsat di Gunung Kencana. Menurut Kasnadi, keberadaan Gerai Samsat di wilayah selatan dinilai menjadi solusi bagi pemerataan pelayanan yang terjangkau oleh seluruh wajib pajak. Kata Kasnadi jarak tempuh warga yang selama ini terlalu jauh ke Rangkasbitung sekarang sudah tidak dilakukan.

"Masyarakat yang berada di wilayah selatan sudah tidak perlu ke Rangkasbitung. Cukup hanya membutuhkan waktu lima menit, sudah bisa selesai. Mari kita taat pajak sesuai tepat waktu."terang Kasnadi.

Kasnadi berjanji akan terus mensosialisasikan agar masyarakat selalu melakukan pembayaran PKB tepat waktu. Menurut Kasnadi, sosialisasi perlu dilaukan dengan melibatkan Muspika, aparat dan perangkat Desa, karena kata Kasnadi mereka setiap hari selalu bertatap muka langsung dengan masyarakat.

"Kita akan gandeng semua elemen, termasuk perangkat Desa, Babinsa dan Babinkantibmas. Nanti kita sosialisasikan agar lebih masif."tutur Kasnadi.

Sementara itu, Yudha Riansyah (30) tahun salah seorang warga Gunung Kencana yang sedang membayar Pajak Kendaraan Bermotor mengaku sangat terbantu dengan adanya Gerai Samsat di Gunung Kencana. Menurut Yudha, sebelum ada Gerai di Gunung Kencana, dirinya kerap kali melakukan pembayaran pajak di Rangkasbitung.

"Alhamdulilah adanya Gerai Samsat di Gunung Kencana memudahkan kita untuk membayar pajak. Semoga dengan adanya gerai dan sosialisasi ini, Peningkatan PAD provinsi dari pembyaran pajak kendaraan bermotor dan berkontribusi terhadap pembangunan di kabupaten Lebak di "ujar Yudha.

(Jumri/Dede Jaenudin)
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||