Breaking News

Pohon Kaboa Tumbuh Subur Di Pesisir Pantai Laut Kidul Sancang 4 Garut Jabar



Garut , beritaekspos.com - Pohon Kaboa tumbuh subur di pesisir pantai laut Kidul Sancang 4 Kabupaten Garut Jawa Barat. Pohon Kaboa adalah pohon yang dilindungi oleh pemerintahan melalui peraturan daerah (perda) sebagai cagar wisata pantai di wilayah gugusan pantai kidul Jawa Barat.

Jika ingin melihat langsung pohon Kaboa hanya ada di wilayah pantai laut Kidul Sancang 4  Garut Jabar. Akan terlihat ribuan pohon Kaboa tumbuh diatas batu karang.

Sementara itu di pantai lain tidak akan menemukan adanya pohon Kaboa. Hanya di pantai laut Kidul Sancang 4 Garut tumbuhnya pohon Kaboa yang tumbuh dan subur diatas batu karang dipesisir pantai Kidul Sancang 4 Garut.

Selain itu keberadaan gugusan pantai yang indah di wilayah Sancang Garut. Dapat terlihat juga keberadaan pegunungan Sancang Kabupaten Garut Jawa Barat  juga menyimpan potensi wisata alam pegunungan yang perlu dilestarikan dan dipertahankan sebagai aset wisata alam.

Sehingga keberadaan gunung dan pantai kidul Sancang 4 mempunyai daya pikat tersendiri bagi wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin menikmati pemandangan alam yakni pantai dan pegunungan yang eksotik laut Kidul Sancang 4 Garut Jabar.

Kawasan pegunungan Garut selain indah dan sejuk udaranya gugusan bukit dan pegunungan Sancang Garut Jabar juga menyimpan potensi alam untuk dikembangkan menjadi magnet wisata di Jawa Barat. 

Menurut Iyang, tumbuhan pohon Kaboa banyak tumbuh di pesisir laut Kidul Sancang 4 Garut Jabar yang tumbuh diatas batu karang pantai Garut Jawa Barat. Sebab pohon Kaboa hanya bisa tumbuh di pesisir pantai bukan di daerah pegunungan yang ada di Jabar. 

"Setelah saya lihat langsung ke lokasi tumbuhan atau pohon Kaboa di pesisir laut kidul Sancang Garut. Terlihat banyak pohon Kaboa di gugusan pantai Sancang 4 ,"katanya pada beritaekspos.com,Sabtu(22/8/2020)

Dikatakan Iyang,aroma megis di pesisir pantai Kidul Sancang 4 Garut begitu terasa sekali. Apalagi saat memasuki areal dimana banyaknya tumbuhan Kaboa. Suasana magisnya sangat terasa sekali. Untuk sampai kelokasi tersebut dipandu oleh seorang Kuncen atau pemandu ziarah ke petilasan Makom Prabu Siliwangi di Sancang Garut Jabar.

"Saya diantar seorang Kuncen atau pemandu ziarah petilasan Makom Prabu Siliwangi di Sancang Garut bernama Embah Unang"tandasnya

Iyang juga jika masyarakat Jabar atau luar Jabar yang ingin melihat langsung pohon Kaboa dapat melihat langsung ke lokasi wisata pantai laut Kidul Sancang 4 Garut. (dej/egi)
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||